Jejak Karir Simon Aloysius Mantiri: Dari Orang Kepercayaan Prabowo hingga Pimpin Pertamina
Simon Aloysius Mantiri
18:16
11 Juni 2024

Jejak Karir Simon Aloysius Mantiri: Dari Orang Kepercayaan Prabowo hingga Pimpin Pertamina

Secara resmi menggantikan posisi Basuki Tjahaja Purnama sebagai Komisaris Utama Pertamina, nama Simon Aloysius Mantiri menjadi sorotan publik. Pasalnya dirinya dikenal sebagai salah satu orang dekat Prabowo Subianto, presiden terpilih pada pemilu lalu. 

Simon secara resmi ditetapkan sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Tahun Buku 2023 Pertamina, yang digelar pada hari Senin, 10 Juni 2024 lalu.

Profil Simon Aloysius Mantiri

Memiliki nama lengkap Simon Aloysius Mantiri, ia merupakan politikus dan Anggota Dewan Pembina DPP Partai Gerindra. Berasal dari Tomohon, Sulawesi Utara, ulang tahunnya adalah pada tanggal 3 Oktober.

Baca Juga: Harga Solar di Malaysia Meroket, Begini Perbandingannya dengan di Indonesia

Simon dikenal sebagai salah satu orang dekat Prabowo Subianto dan menduduki jabatan penting pada TKN, yakni sebagai wakil bendahara. Ia aktif berkampanye untuk beberapa program unggulan pasangan tersebut di Sulawesi Utara, tempat kelahirannya.

Berbagai posisi penting pernah ia duduki selama berada di dunia politik dan dunia bisnis. Hal ini terlihat dari laman LinkedIn yang ia miliki.

Riwayat Karir

Mengacu pada laman LinkedIn yang ia miliki, ia tercatat pernah menduduki beberapa jabatan yang perannya cukup penting.

Mulai dari Personal Assistant CEO PT Nusantara Energy, menjabat sebagai salah satu direktur di PT Nusantara Energy, Komisaris Utama dan Independen PT Pertamina (Persero), dan lain sebagainya. Sebagai catatan, PT Nusantara Energy sendiri merupakan perusahaan yang dimiliki Prabowo Subianto, yang membawahi sekitar 27 anak perusahaan lain.

Baca Juga: Pandji dan Kiky Saputri Bongkar Kenapa Ganjar Cuma Dapat 16 Persen Suara: Timses-nya Ngobrol Nggak Sih?

Fokus industri dari perusahaan besar ini adalah pada bidang tambang batubara, kemudian kelapa sawit, hingga bisnis perkebunan. Meski banyak yang menyangka bahwa jabatan tersebut didapatkan karena kedekatannya dengan sang pemilik, namun sepak terjang karir Simon juga tidak bisa dipandang sebelah mata yang dapat menjadi cerminan kemampuannya dalam melakukan tugas-tugas di setiap posisi yang diberikan padanya.

Pendidikan Simon

Jika dilihat pada laman LinkedIn yang ia miliki, tidak banyak keterangan yang bisa didapatkan. Bahkan riwayat pendidikannya pun hingga saat ini tidak dapat ditemukan di berbagai media atau sumber. Namun dilansir dari situs resmi Pertamina, Simon merupakan alumni dari School of Business and Management di Institut Teknologi Bandung. Artinya, latar belakang pendidikan yang ia miliki memang berbasis bisnis, sehingga dirasa tepat menjabat di industri.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: M Nurhadi

Tag:  #jejak #karir #simon #aloysius #mantiri #dari #orang #kepercayaan #prabowo #hingga #pimpin #pertamina

KOMENTAR