Terobosan Mesin Penjualan Otomatis,  BUMN Terus Membina UMKM
Vending machine produk UMKM di Stasiun Gondangdia [Kementerian BUMN].
06:58
6 Juni 2024

Terobosan Mesin Penjualan Otomatis, BUMN Terus Membina UMKM

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus menggali kanal-kanal pemasaran yang relevan. Harapannya, agar produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terserap di pasaran baik domestik mau pun global.

Dikutip dari kantor berita Antara, terserapnya produk ini tentunya setelah mendapat penyuluhan dari para pembina seperti BUMN.

“Pembinaan-pembinaan itu akan terus membuat UMKM tidak hanya naik kelas di lokal tetapi juga bisa global. Banyak kami memperbaiki dari sisi kemasan, juga sudah identifikasi UMKM mana yang sudah bisa masuk kelas ekspor, yang global,” papar Loto Srinaita Ginting, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN.

Ia menambahkan bahwa pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan UMKM dalam negeri sehingga bisa naik kelas dan berdaya saing.

Baca Juga: Hidupkan Potensi Daerah, Klaster Usaha Kain Tuan Kentang Palembang Naik Kelas Berkat BRI

“Jadi memang sudah kami sampaikan bahwa dukungan BUMN itu nyata dalam tiga hal: pembinaan dan pelatihan mau pun di dukungan pembiayaan dan dukungan pemasaran,” lanjutnya saat hadir dalam peresmian vending machine atau mesin penjual otomatis UMKM PT Pegadaian di Jakarta, Rabu (5/6/2024).

Loto Srinaita Ginting menunjukkan bahwa kehadiran vending machine sendiri adalah sebagai dukungan dan terobosan terbaru.

“Dari Pak Arya (Staf Khusus III Menteri BUMN) dan tim dari Kementerian BUMN, dimotori Pak Arya dengan Vending Machine. Walau pun tidak dijaga oleh PIC secara langsung, secara fisik tapi vending machine bisa melayani,” tukasnya.

Vending machine ini menjadi simbol komitmen Kementerian BUMN dan lainnya dalam menggali kanal pemasaran yang relevan dan sesuai dengan perkembangan zaman.

Harapannya, produk UMKM yang dibina BUMN akan terserap dengan baik di pasar, mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan sektor ekonomi di Indonesia.

Baca Juga: PTPN Dorong UMKM Sumut Naik Kelas Lewat Jelajah Kuliner Nusantara

“Jadi jangan sampai UMKM kita berhenti dilatih, dan UMKM terus tingkatkan kualitas produknya, kapasitas usahanya supaya ketika ada order dari BUMN khususnya sebagai pembina, mereka bisa menangkap peluang itu dan menjamin kualitasnya benar benar sesuai dengan standar,” ungkap Loto Srinaita Ginting.

Pihak Pengembangan UMKM Kementerian BUMN terus melakukan pendampingan atau pembinaan seperti peningkatan kualitas produk.

“Jadi pembinaan UMKM itu dilakukan TJSL (tanggung jawab sosial dan lingkungan),” tandasnya.

Sementara dari dari sisi pembiayaan, pelaku UMKM bisa mendapatkan modal usaha melalui perbankan mau pun nonperbankan yang mendukung program inj.

Yaitu pelaku UMKM bisa mengakses modal usaha melalui Pegadaian, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), hingga PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

Kemudian, dari sisi bantuan pemasaran Pengembangan UMKM Kementerian BUMN menggelar pameran termasuk jika ada kegiatan atau pun rapat, produk-produk UMKM binaan yang mengisi kegiatan-kegiatan itu.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #terobosan #mesin #penjualan #otomatis #bumn #terus #membina #umkm

KOMENTAR