Geopark Maros-Pangkep Diusulkan Jadi Kawasan Ekonomi Khusus, Siap Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia
Pegunungan karst Rammang-Rammang di Sulawesi Selatan. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].
19:20
1 Juni 2024

Geopark Maros-Pangkep Diusulkan Jadi Kawasan Ekonomi Khusus, Siap Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Kawasan Geopark Maros-Pangkep, Sulawesi Selatan yang terdiri dari pegunungan karst Rammang-Rammang telah ditetapkan UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) badan internasional bagian dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), sebagai UNESCO Global Geopark.

Penetapan ini berdasarkan keputusan yang diambil dalam Sidang Dewan Eksekutif UNESCO ke-216 di Paris, Prancis pada Rabu, 24 Mei 2023.

Dikutip dari kantor berita Antara, Kawasan Geopark Maros-Pangkep telah dipilih sebagai destinasi tujuan wisata bagi peserta Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 yang dihadiri sedikitnya 35 negara sahabat.

Jadi, di antara kegiatan ke sejumlah destinasi wisata di seputaran Makassar, ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan, para tamu jug bertandang menikmati keelokan alam pegunungan karst Rammang-Rammang yang menjadi bagian dari Geopark Maros-Pangkep.

Baca Juga: Dubes Indonesia untuk Portugal dan Penjabat Gubernur Sulsel Bersepeda Ria, Bahas Ekonomi Pariwisata

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan juga telah mengusulkan Kawasan UNESCO Geopark Maros-Pangkep agar ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Zona Pariwisata 2024.

Saat bertemu Zudan Arif Fakhrulloh, Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Dedy Irfan Bachri, General Manager Badan Pengelola Geopark Maros-Pangkep memberikan presentasi gambaran Rammang-Rammang sebagai kawasan Geopark UNESCO.

Ia juga menyampaikan tentang dukungan anggaran dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sebagai dana hibah yang akan digunakan dalam pengembangan kegiatan Geopark. Dana bakal dialokasi untuk menata dan membuat  kawasan agar semakin baik.

“Kami juga mengajak dan mengundang langsung Pj Gubernur Sulsel Prof. Zudan untuk hadir pada rangkaian kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan melakukan penanaman pohon di Kawasan Maros-Pangkep UNESCO Global Geopark, 8 Juni 2024,” papar Dedy Irfan Bachri.

Pj Gubernur Sulawesi Selatan Zudan Arif Fakhrulloh mendukung seluruh kegiatan yang digelar untuk mempromosikan dan memperkenalkan destinasi wisata  Geopark Maros-Pangkep agar semakin mendunia.

Baca Juga: Dapat Pengakuan UNESCO, Subak Desa Bengkel Jadi Percontohan Penerapan Ekohidrologi

Ia menyatakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan siap sejalan seiring dengan pengelola Geopark Maros-Pangkep dalam mempromosikan tempat wisata karst Rammang-Rammang dan sekitarnya. Juga menilai bahwa semua yang telah dilakukan Badan Pengelola Maros-Pangkep UNESCO Global Geopark sudah cukup bagus.

“Saya mendukung penuh kegiatan yang dilaksanakan Geopark Maros-Pangkep,” tandas Pj Gubernur Sulawesi Selatan Zudan Arif Fakhrulloh.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #geopark #maros #pangkep #diusulkan #jadi #kawasan #ekonomi #khusus #siap #peringati #hari #lingkungan #hidup #sedunia

KOMENTAR