Rinjani 100 Ultra Promosikan Wisata, Berikan Keuntungan Ekonomi
Acara pelepasan peserta Rinjani 100 Ultra di depan Desa Senaru, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi NTB, Sabtu (25/05/2024) [ANTARA/HO-Humas Pemkab Lombok Utara]
17:13
25 Mei 2024

Rinjani 100 Ultra Promosikan Wisata, Berikan Keuntungan Ekonomi

Rinjani 100 Ultra adalah kejuaraan lari lintas alam yang berlangsung 24-25 Mei 2024.

Berlangsung di Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), kategori mulai dari 162 km yang start dari Blanting, 36 dan 27 km dari Sembalun Lombok Timur. Sedangkan 100 km dan 60 km start dari Senaru Lombok Utara menuju Sembalun.

Dikutip dari kantor berita Antara, kegiatan ini adalah upaya mendorong pertumbuhan ekonomi di masing-masing daerah melalui sektor pariwisata dan ekonomi. Setiap tahun penyelenggaraan ajang ini mendapatkan support dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Selain itu, kegiatan ini menjadi media promosi pariwisata untuk menggerakkan perekonomian daerah.

Baca Juga:World Water Forum 2024 Potensi Cuan Rp 1,7 T dari Produk UMKM

Apalagi kegiatan ini diikuti 43 negara dengan kategori yang paling banyak diikuti adalah 36 km. Nama Gunung Rinjani sebagai destinasi wisata tentu ikut menjulang.

"Antusias para peserta Rinjani 100 begitu tinggi baik dari peserta asal Indonesia mau pun mancanegara, harapannya berjalan lancar, para peserta yang ikut dapat finis dengan sehat," sambut Danny Karter Febrianto, Wakil Bupati Lombok Utara, NTB, saat melepas peserta lomba lari lintas alam di Desa Senaru Kecamatan Bayan, Lombok Utara.

Ia menambahkan ajang Rinjani 100 Ultra akan dilaksanakan setiap tahun.

"Rinjani 100 Ultra adalah salah satu event internasional, hadir sebagai kebanggaan bagi Lombok Utara," lanjut Danny Karter Febrianto.

Senaru sebagai salah satu pintu masuk ke Gunung Rinjani, memiliki keindahan alam seperti air terjun, dan wisata budaya yang bisa dinikmati para wisatawan.

Baca Juga:514 Kabupaten Masuk Target Kemenparekraf, Diajak Tingkatkan Cuan dari Sektor Kreatif

Dian Rahmat Sukmara, Panitia Penyelenggara Rinjani 100 mengatakan setiap tahun Rinjani 100 Ultra dilaksanakan. Akan tetapi untuk Lombok Utara sendiri baru bisa digelar 2024 setelah terhenti akibat gempa dan pandemi COVID-19.

"Pada 2024 mengambil lokasi start di dua wilayah, Lombok Timur di Sembalun dan Pantai Belanting, sedangkan Lombok Utara di Desa Senaru," jelas Dian Rahmat Sukmara.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #rinjani #ultra #promosikan #wisata #berikan #keuntungan #ekonomi

KOMENTAR