Persiapkan Masa Depan Hidup Berumah Tangga Bersama Kredit BRIguna
Ilustrasi Pasangan [Envato]
11:30
20 Mei 2024

Persiapkan Masa Depan Hidup Berumah Tangga Bersama Kredit BRIguna

Pernikahan merupakan momen istimewa yang membutuhkan perencanaan matang, tidak hanya soal persiapan fisik dan mental, tetapi juga keuangan. Salah satu hal penting yang sebaiknya dibahas adalah masalah finansial, termasuk pembagian keuangan pasangan sebelum menikah agar terhindar dari masalah di masa depan.

Namun, tidak semua pasangan siap membicarakan hal ini karena khawatir dianggap terlalu fokus pada uang. Padahal, transparansi dalam keuangan dengan pasangan sangat penting untuk mencegah potensi masalah di kemudian hari.

Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya dibahas bersama pasangan sebelum menikah:

Memahami Gaya Hidup Pasangan

Sebelum menikah, penting bagi kamu untuk memahami gaya hidup dan keuangan masing-masing pasangan. Ini termasuk memahami bagaimana pasangan mengelola uang dan tanggung jawab keuangan apa yang mereka miliki.

Jika ada gaya hidup atau hal lain yang mungkin kurang cocok, lebih baik untuk dibicarakan berdua agar menemukan jalan tengah yang terbaik sebelum menjalani kehidupan berumah tangga.

Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Mengetahui penghasilan dan pengeluaran masing-masing pasangan merupakan langkah penting dalam perencanaan keuangan. Dengan mengetahui detail ini, pasangan dapat merencanakan secara efektif pengelolaan keuangan rumah tangga di masa depan.

Atur Pola Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga

Tentukan siapa yang akan bertanggung jawab mengelola keuangan rumah tangga. Apakah akan digabungkan atau dikelola secara terpisah.

Hal ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan ketika kalian berlayar dalam kapal pernikahan, terutama perselisihan masalah mengatur keuangan keluarga.

Buat Perjanjian Pranikah

Bicarakan secara terbuka mengenai aset pribadi dan kemungkinan membuat perjanjian pranikah. Ini dapat melindungi aset masing-masing pasangan dan mencegah masalah keuangan di masa depan.

Rancang Cita-cita Bersama

Duduk bersama pasangan untuk merencanakan cita-cita keuangan di masa depan, seperti rencana perjalanan atau pendidikan anak. Ini membantu memberikan arah yang jelas bagi keuangan rumah tangga.

Dengan adanya cita-cita bersama, kalian berdua bisa memiliki tujuan sehingga bahtera rumah tangga semakin menarik dan tidak membosankan.

Persiapkan Masa Depan

Alokasikan dana untuk masa depan, baik itu menabung, berinvestasi, atau memanfaatkan fasilitas kredit yang tersedia. Salah satunya kamu dapat memanfaatkan fasilitas BRIguna yang dapat digunakan untuk keperluan seperti biaya pernikahan, pasca pernikahan atau bahkan saat menjalani rumah tangga oleh pekerja yang memiliki rekening gaji di BRI.

Kenapa Kredit BRIguna?

Kredit BRIguna dapat dimanfaatkan oleh pekerja dengan masa pinjaman sejak pegawai aktif hingga masa pensiun. Proses pengajuannya cepat dan mudah melalui BRImo. Selain itu juga cicilan dapat disesuaikan dengan kemampuan debitur dengan suku bunga yang kompetitif dengan jangka waktu pinjaman yang fleksibel menyesuaikan dengan kemampuan debitur.

Cara Pengajuan Kredit BRIguna

Pengajuan Kredit BRIguna saat ini dapat dilakukan dalam satu genggaman tangan, tanpa menggunakan dokumen fisik melalui BRImo. Dengan syarat kamu sudah memiliki rekening gaji di BRI dan sudah melakukan aktivasi BRImo.

Berikut cara pengajuan Kredit BRIguna.

  1. Buka dan login BRImo.
  2. Pilih menu “Lainnya”.
  3. Pilih menu “Pinjaman BRI”.
  4. Pilih menu “Ajukan Baru”.
  5. Pilih menu “Kredit Konsumtif”.
  6. Pilih menu “BRIguna”.
  7. Akan muncul welcoming screen yang berisi beberapa keuntungan dan persyaratan BRIguna via BRImo.
  8. Masukkan data diri dan informasi pada formulir yang ditampilkan.
  9. Data akan diperiksa oleh sistem pre-screening yang membutuhkan waktu sekitar 5 menit saja.
  10. Kemudian tampil pilihan plafon, jangka waktu, estimasi angsuran per bulan, dan nominal uang yang diterima.
  11. Klik “Ajukan Pinjaman” jika sudah setuju.
  12. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk verifikasi data dengan tanda tangan digital dan swafoto.
  13. Setelah membaca seluruh syarat, klik “Saya Setuju”.
  14. Jika pengajuan kredit berhasil, uang akan masuk ke rekening gaji kamu.

Bagaimana, mudah bukan?

Selain untuk biaya saat pernikahan maupun saat berumah tangga, Kredit BRIguna dapat digunakan untuk berbagai pembiayaan seperti pembelian barang baik bergerak maupun tidak bergerak, perbaikan rumah, keperluan sekolah, bahkan untuk biaya kesehatan.

Jadi tunggu apalagi? Segera ajukan Kredit BRIguna via BRImo sekarang juga! Pastikan kamu sudah mendownload BRImo melalui App Store, Google Play Store dan Huawei AppGallery.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, kamu bisa follow akun Instagram @bankbri_id. BRImo lebih mudah dan serbabisa! #BRImo #BRImoMudahSerbaBisa #MudahdanCepat #KTA #KreditBRIguna

Editor: M Nurhadi

Tag:  #persiapkan #masa #depan #hidup #berumah #tangga #bersama #kredit #briguna

KOMENTAR