Mendirikan Bursa Kripto, ini Syarat dan Risikonya
Bursa mata uang kripto memungkinkan investor membeli dan menjual aset kripto. (Istimewa)
10:18
19 Mei 2024

Mendirikan Bursa Kripto, ini Syarat dan Risikonya

- Bursa mata uang kripto memungkinkan investor membeli dan menjual aset kripto. Konsep bursa kripto dapat didefinisikan sebagai tempat bagi pengguna untuk memperdagangkan aset digital dengan dana yang mereka miliki di akun, kurang lebih seperti trading mata uang fiat dan saham di bursa trading konvensional.

Popularitas bursa mata uang kripto meningkat dalam beberapa tahun terakhir karena banyak yang ingin menjadi bagian dari tren trading digital. Dan tentunya dengan pertambahan volume uang fiat yang dikonversi menjadi mata uang kripto dan sebaliknya, kebutuhan akan bursa mata uang kripto yang memfasilitasi transaksi ini juga meningkat. Mungkin, Anda pun sudah mempertimbangkan untuk mendirikan bursa kripto.

Akan tetapi, jika Anda ingin membuka bursa kripto sendiri, ada beberapa aspek penting dalam bisnis ini yang perlu dipertimbangkan, antara lain:

Lisensi – Untuk mendirikan bursa mata uang kripto, Anda harus memiliki lisensi di beberapa negara. Tanpa lisensi, Anda bisa menghadapi denda atau sanksi lainnyadari pihak berwenang.

Pendanaan – Sebelum meluncurkan platform, Anda perlu mengumpulkan modal. Kesuksesan penggalangan modal dapat dicapai dengan dukungan investor.

Situs Web – Untuk bertahan dalam bisnis, bursa harus memiliki situs web yang dapat diakses dengan mudah dan cepat oleh pengguna. Begitu situs web Anda aktif dan beroperasi, investor pasti ingin tahu bahwa uang mereka aman. Sertifikat SSL adalah tanda bahwa situs web Anda aman sehingga dapat menjadi pilihan terbaik bagi pengunjung.

Keamanan – Investasi di bursa mata uang kripto membuat investor menghadapi risiko kehilangan uang jika peretas dapat mengakses dana yang tersimpan. Penggunaan program bug bounty akan meminimalkan kemungkinan peretas menemukan kelemahan di sistem Anda.

Layanan pelanggan – Anda harus dapat membantu pengguna setiap kali mereka menghadapi masalah. Sediakan alamat email di situs web dan buat sistem tiket untuk memudahkan pelanggan yang ingin menghubungi atau meminta bantuan.

Pemeliharaan – Ketika Anda siap meluncurkan platform secara online, ujilah dengan beberapa data tiruan untuk memastikan semua berfungsi sesuai harapan. Bersiaplah menghadapi masalah di depan dengan melakukan audit keamanan dan studi kualitatif dengan kelompok fokus.

Pemasaran – Sebelum pelanggan datang, Anda harus menunjukkan apa saja yang ditawarkan platform Anda melalui promosi.

Bisnis di industri kripto tak dipungkiri memang mengandung risiko, dan jika Anda ingin membuka bursa mata uang kripto, semua risiko itu harus diwaspadai. Berikut contohnya:

Masalah pemrosesan – Sebagai bisnis baru, menangani banyak transaksi sekaligus tentu akan menjadi tantangan tersendiri yang disebabkan oleh kemacetan bandwidth dan masalah lain yang mungkin timbul selama jam sibuk ketika lalu lintas lebih tinggi dari biasanya.

Likuiditas – Investor juga harus memikirkan likuiditas ketika membuka bursa mata uang kripto. Jika pasangan trading yang disiapkan sedikit, jumlah uang yang dapat mengalir ke platform Anda akan terbatas dan waktu penyelesaian transaksi pun lebih lambat.

Risiko Regulasi – Semua persyaratan hukum, termasuk yang mengatur pencucian uang, perpajakan, dan hal-hal lainnya harus dipenuhi oleh bisnis. Jika tidak, maka kemungkinan besar Anda akan menghadapi masalah. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan peraturan selama proses mendirikan bursa kripto.

Keamanan – Pengguna memercayakan uang kepada Anda, dan uang itu harus dilindungi dari pencurian dan penipuan. Jika peretas menemukan akses ke situs Anda, mereka dapat mencuri dana investor. Penilaian keamanan secar menyeluruh dan penerapan praktik terbaik, seperti penggunaan kata sandi yang kuat, dapat membantu mencegah ini terjadi.

Pencurian identitas – Dengan berpura-pura sebagai bursa, penipu dapat mencuri identitas orang lain. Ini harus diperhitungkan saat Anda membangun bursa kripto.

Mendirikan bisnis kripto adalah usaha menantang. Anda perlu mempertimbangkan banyak aspek jika ingin membuka bursa mata uang kripto. Untuk memastikan keberhasilan peluncuran bursa, sebaiknya minta nasihat profesional.

Jika Anda memiliki sistem pendukung yang kuat, dikombinasikan dengan dana dan likuiditas yang cukup untuk menjaga keberlanjutan perusahaan, bisnis Anda bisa berkembang. Yang paling penting adalah memastikan bahwa semua persyaratan hukum untuk mengoperasikan perusahaan telah terpenuhi sehingga tidak ditutup secara paksa oleh regulator.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #mendirikan #bursa #kripto #syarat #risikonya

KOMENTAR