Presiden RI Resmikan Pusat Uji Digital Senilai Rp 980 M
Presiden RI Joko Widodo memberikan sambutan dalam peresmian IDTH di Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) Tapos, Depok, Jawa Barat, Selasa (7/5/2024) [ANTARA/Fathur Rochman].
14:00
7 Mei 2024

Presiden RI Resmikan Pusat Uji Digital Senilai Rp 980 M

Indonesia Digital Testing House (IDTH) adalah pusat pengujian perangkat digital dan telekomunikasi terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara.

Dikutip dari kantor berita Antara, IDTH berlokasi di Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) Tapos, Depok, Jawa Barat, dan pada Selasa (7/5/2024) Presiden Joko Widodo meresmikan pembangunannya.

"Saya bersyukur sekarang kita memiliki Indonesia Digital Testing House, pusat pengujian perangkat yang berstandar internasional," demikian sambut Presiden RI Joko Widodo dalam peresmian IDTH.

"Seperti yang tadi telah disampaikan Menteri Kominfo, pusat pengujian ini terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara," lanjutnya.

Presiden menjelaskan IDTH sebagai wajah baru dari Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) menjadi pusat sertifikasi perangkat digital terdepan di kawasan Asia Tenggara.

Usai meninjau, Kepala Negara RI menambahkan bahwa seluruh ruangan dan fasilitas dilengkapi perangkat sangat modern. Anggaran pembangunan IDTH mencapai Rp 980 miliar.

"Jadi kalau peralatannya super canggih seperti itu tidak kaget, karena anggarannya besar. Dan saya tahu pengujian perangkat ini memiliki peran yang sangat krusial, seluruh perangkat digital diuji di tempat ini," tandas Presiden RI Joko Widodo.

Ditambahkannya bahwa seluruh perangkat elektronik seperti laptop, ponsel, televisi digital, handy talky, sampai radar diuji di IDTH.

Sebelum dipasarkan, seluruh produk mesti melewati pengujian IDTH untuk memastikan standar keamanan, standar kesehatan, sampai standar keselamatan bagi masyarakat pengguna perangkat digital.

Presiden RI Joko Widodo berharap IDTH tidak sekadar menjadi tempat uji sertifikasi, namun menghasilkan inovasi dan memperkuat ekosistem teknologi digital lokal.

Kementerian Kominfo diimbau Presiden agar terus mendorong riset dan pengembangan (RnD), menggandeng perguruan tinggi serta perusahaan rintisan (start up), sampai kalangan UMKM dalam mendorong riset dan paten.

Dengan begitu, IDTH dapat mendukung pengembangan pengujian dan sertifikasi produk-produk lokal agar produk perangkat digital dalam negeri mampu bersaing.

"Digitalisasi menjadi basis bagi pengembangan industri dan ekonomi dalam negeri dengan menempatkan produsen lokal menjadi raja di negeri sendiri," tutup Presiden Joko Widodo.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #presiden #resmikan #pusat #digital #senilai

KOMENTAR