Intip Rumah Dinas Menteri di IKN: Komponen Tidak TKDN Cuma Satu Item
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono di rumah dinasnya di IKN, Kalimantan Timur, Selasa (7/5/2024) [ANTARA/Muzdaffar Fauzan].
11:47
7 Mei 2024

Intip Rumah Dinas Menteri di IKN: Komponen Tidak TKDN Cuma Satu Item

Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur yang akan menjadi lokasi domisili Kepala Negara, para menteri, Aparatur Sipil Negara (ASN), serta berbagai sektor terkait tengah melengkapi properti rumah dinas.

Dikutip dari kantor berita Antara, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono memaparkan tentang progres pengerjaan rumah dinas para menteri.

Kekinian, pembangunan kediaman bagi 36 menteri Indonesia di IKN ditargetkan rampung secara menyeluruh pada Juli 2024.

"Pembangunan mencapai 87 persen, Juli pasti sudah siap 36 rumah," ungkap Menteri PUPR saat peninjauan rumah dinasnya di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di IKN, Kalimantan Timur, Selasa (7/5/2024).

Secara spesifikasi, rumah dinas menteri per unit terdiri dari rumah dua lantai dengan empat kamar tidur. Mulai fisik material sampai arsitektural interior menggunakan produk dalam negeri.

Penggunaan ini turut mendorong program Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) menjadi lebih optimal.

"Hanya sistem smart home tidak TKDN," tandas Basuki Hadimuljono.

Penggunaan komponen smart home system ini bisa dicatat, mungkin di kelak kemudian hari menghadirkan ide bagi para anak bangsa untuk membuat versi lokal atau nasional. Apalagi berhubungan dengan teknologi maju. Sehingga TKDN suatu produk bisa dihadirkan bahkan dimaksimalkan.

TKDN di sektor interior rumah menteri mau pun Istana Negara di IKN juga telah dipenuhi. Antara lain menghadirkan lampu dan ukiran khas Nusa Tenggara Barat (NTB), serta Boyolali.

Secara garis besar, furnitur dalam negeri mendominasi kediaman-kediaman ini.

Kemudian, suplai daya yang dipakai menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkekuatan 6.600 watt yang bisa mencukupi kebutuhan pasokan listrik rumah dinas secara menyeluruh.

Sebagai catatan, suplai air yang berasal dari reservoir KIPP cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah dinas. Air distribusi ini bisa diminum secara langsung.

"Untuk Istana Negara, sudah 67 persen. Nanti Juni sudah selesai, sekarang sudah pengerjaan arsitektural, pekerjaan interior, ukiran, dan sebagainya. Sedangkan Kantor Presiden, tingkat pengerjaan sudah 80 persen lebih. Jadi semuanya insya Allah selesai Juni," jelas Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau infrastruktur Kawasan Istana Presiden (KIP) di IKN, Senin (6/5/2024).

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #intip #rumah #dinas #menteri #komponen #tidak #tkdn #cuma #satu #item

KOMENTAR