Prosen Gencatan Senjata Israel-Hamas Tak Jelas, Bikin Harga Minyak Mentah Dunia Naik
Ilustrasi: Kilang minyak. (Shutterstock)
09:48
7 Mei 2024

Prosen Gencatan Senjata Israel-Hamas Tak Jelas, Bikin Harga Minyak Mentah Dunia Naik

Gencata Senjata Israel-Hamas Tak Jelas Bikin Harga Minyak Dunia Naik

Minyak mentah dunia menguat pada hari Senin, (Selasa pagi, WIB), karena pasar bingung akan kesepakatan gencatan senjata di Gaza telah disepakati atau belum.

Seperti dilansir dari CNBC, Selasa (7/5/2024), harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate untuk kontrak Juni sebesar 78,48 dolar AS per barel, naik 37 sen, atau 0,47%.

Sedangkan minyak mentah jenis Brent untuk kontrak Juli dibanderol 83,33 dolar AS per barel, naik 37 sen, atau 0,45%.

Adapun, kabar gencatan senjata Gaza masih belum jelas. Kepala Biro Politik Hamas, Ismail Haniyeh mengatakan, bahwa pihak Hamas setuju atas perjanjian gencatan senjata. Namun, Israel belum berpendapat soal gencatan senjata tersebut.

Akan tetapi, ada yang bilang bahwa Hamas telah menyetujui usulan Mesir, namun Israel tidak bisa menyejutui usulan tersebut.

Sementara itu, seorang pejabat Israel mengatakan kepada NBC News bahwa proposal yang diterima Hamas bukanlah kerangka kerja yang disepakati oleh para mediator. Pejabat itu menyebut, Israel sedang mengkaji usulan tersebut dan akan menanggapinya.

Ketegangan di Timur Tengah kembali meningkat setelah Pasukan Pertahanan Israel memerintahkan sekitar 100.000 warga Palestina untuk meninggalkan kota Rafah di Gaza selatan. Upaya untuk menengahi gencatan senjata antara Israel dan Hamas kembali terhenti, dan kedua belah pihak saling menuduh melakukan sabotase terhadap kesepakatan.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu pada hari Minggu bersumpah bahwa Israel tidak akan tunduk pada tekanan internasional untuk mengakhiri perang di Gaza sampai Hamas dikalahkan.

"Jika Israel dipaksa untuk berdiri sendiri, Israel akan berdiri sendiri. Dan saya katakan kepada Anda, kami akan mengalahkan musuh-musuh genosida kami. Tidak pernah lagi seperti sekarang," kata Netanyahu.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #prosen #gencatan #senjata #israel #hamas #jelas #bikin #harga #minyak #mentah #dunia #naik

KOMENTAR