Pemerintah Jajaki Kerjasama dengan Belanda Bangun Tanggul Laut Pantura
Sebagai Ilustrasi. [Dok.Antara]
17:06
5 Mei 2024

Pemerintah Jajaki Kerjasama dengan Belanda Bangun Tanggul Laut Pantura

Selama Pertemuan Tingkat Menteri Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) di Paris pada tanggal 2 Mei, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan delegasi dari Belanda yang dipimpin oleh Wakil Perdana Menteri Karien Van Gennip. Dalam pertemuan tersebut, dibahas sejumlah potensi kerja sama yang dapat dieksplorasi.

Menteri Airlangga Hartarto membahas potensi kerja sama dengan Belanda terkait proyek strategis pembangunan Giant Sea Wall di pantai utara Jawa, yang mendapat tanggapan positif dari Wakil Perdana Menteri Van Gennip.

Terkait rencana ini, Wakil PM Belanda menegaskan, negaranya memiliki pengalaman yang luas dalam membangun bendungan dan waduk. 

"Kami dengan senang hati bersedia untuk berkontribusi dalam proyek strategis ini,” kata Van Gennip.

Selain itu, dalam diskusi tersebut juga dibahas isu-isu kerja sama lainnya, seperti langkah-langkah implementasi Just Energy Transition Partnership (JETP), dan kemajuan kerja sama dalam bidang keuangan.

Dalam pertemuan tersebut, berbagai isu strategis dan kerja sama antara kedua negara, baik di tingkat bilateral, regional, maupun multilateral, dibahas. Mewakili Pemerintah Indonesia, Menko Airlangga menyambut baik dukungan kuat Belanda terhadap proses keanggotaan Indonesia di OECD.

“Belanda berkomitmen untuk terus mendukung langkah-langkah Indonesia dalam proses keanggotaan OECD. Kami juga dapat berbagi pengalaman dan praktik terbaik dalam melakukan reformasi struktural domestik,” kata Wakil Perdana Menteri Van Gennip.

Dalam pembahasan mengenai perkembangan perundingan Indonesia-EU CEPA, kedua menteri sepakat bahwa CEPA merupakan titik balik penting dalam upaya meningkatkan hubungan perdagangan dan investasi antara Indonesia dan Uni Eropa (UE). Oleh karena itu, diperlukan upaya percepatan dalam penyelesaian perundingan.

Editor: M Nurhadi

Tag:  #pemerintah #jajaki #kerjasama #dengan #belanda #bangun #tanggul #laut #pantura

KOMENTAR