Daftar Bisnis Ruben Onsu yang Bangkrut, Pernah Jadi Tempat Favorit Mahasiswa!
Ruben Onsu ditemui di kawasan Jalan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (15/8/2023). [Adiyoga Priyambodo/Suara.com]
06:06
4 Mei 2024

Daftar Bisnis Ruben Onsu yang Bangkrut, Pernah Jadi Tempat Favorit Mahasiswa!

Kabar gonjang – ganjing rumah tangga datang dari pasangan selebritis Ruben Onsu dan Sarwendah. Isu mengenai daftar bisnis Ruben Onsu yang bangkrut pun ikut terseret mengingat presenter ini juga terkenal gigih dalam membangun gurita bisnis. 

Sayangnya, kini rumah tangga Ruben dan Sarwendah sedang tidak baik – baik saja. Sang istri diketahui sudah dua bulan terakhir tak tinggal bersama Ruben, melainkan di rumah adiknya.

Sarwendah dalam penjelasannya, pisah rumah bukan karena sedang bertengkar dengan Ruben Onsu. Dia memilih tinggal di rumah adik karena Ruben tengah sibuk belakangan ini. Sementara Sarwendah masih dalam pemulihan usai dirawat di rumah sakit.

Daftar bisnis Ruben Onsu yang bangkrut pun langsung mengarah pada merek ayam geprek kebanggaannya, Geprek Bensu. Awal 2022 lalu, brand geprek ini menghadapi gugatan dengan nilai Rp100 miliar. Gugatan tersebut dilayangkan oleh Pengusaha Benny Sujono. 

Gugatan Benny dilayangkan oleh PT Ayam Geprek Benny Sujono di Pengadilan Negeri Niaga Jakarta Pusat pada 4 April 2022. Ruben Onsu sebagai tergugat I dan Kementerian Hukum dan HAM jadi tergugat II.

Di dalam gugatannya, Benny minta pengadilan agar memutuskan bahwa pihaknya jadi pemilik sah dari merek Ayam Geprek Bensu. Selain itu, dia juga menuntut adanya pembatalan hukum pendaftaran merek "I am Geprek Bensu" atas nama Ruben Onsu dengan segala akibat hukumnya.

Seperti diketahui, Ruben membuka bisnis kuliner ayam geprek dengan merek Geprek Bensu yang tak lain adalah akronim dari namanya sendiri. Kedai Bensu menyuguhkan menu ayam geprek dengan berbagai tingkat kepedasan di bawah naungan PT Onsu Pangan Perkasa. Kuliner ayam geprek yang disukai berbagai kalangan membuat Geprek Bensu telah memiliki cabang di berbagai kota di Indonesia, bahkan sudah ada di Malaysia dan Hong Kong.

Ruben Onsu mengajukan gugatan atas nama Bensu yang digunakan untuk merek dagang ayam geprek lain pada September 2018. Ruben menggugat PT Ayam Geprek Benny Sujono dengan merek I Am Geprek Bensu.

Gugatan Ruben Onsu pada September 2018 ditolak majelis hakim pada Februari 2019. Selang 6 bulan, Ruben kembali mengajukan gugatan dan kembali ditolak pada Juni 2020 lantaran PT Ayam Geprek Benny Sujono merupakan pemilik dan pemakai pertama merek "I Am Geprek Bensu".

Namun pada Oktober 2020, Kemenkumham mendadak menghapus merek Geprek Bensu. Benny Sujono lantas menggugat putusan penghapusan itu dan dikabulkan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) pada Februari 2021.

Penghapusan merek Geprek Bensu kabarnya menjadi celah untuk Ruben Onsu mendaftarkan mereknya. Pihak PT Ayam Geprek Benny Sujono sebenarnya sempat mengajak berdamai dengan memperbolehkan Ruben menggunakan nama Geprek Bensu, hanya saja harus membayar sejumlah kompensasi.

Di sisi lain, pengacara pihak Ruben Onsu menilai Geprek Bensu tidak perlu membayar kompensasi meski kalah, melainkan harus mengganti logo. Akhir dari polemik Geprek Bensu tak lagi tersorot.

Terakhir, hanya diberitakan bahwa gugatan Benny Sujono yang tak terima merek Geprek Bensu dihapus telah dikabulkan PTUN. Bertahun – tahun kasus itu bergulir, kini nama Geprek Bensu yang mirip milik kedua pengusaha tersebut tetap eksis. 

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Editor: M Nurhadi

Tag:  #daftar #bisnis #ruben #onsu #yang #bangkrut #pernah #jadi #tempat #favorit #mahasiswa

KOMENTAR