Margono Tanuwijaya Masuki Masa Purnabakti, Antarkan FIF Raih Laba Bersih Rp 4,1 T
Margono Tanuwijaya (kiri) yang memasuki masa purnabakti dan digantikan Siswadi (kanan) sebagai Presiden Direktur PT Federal International Finance dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2024 yang digelar di Menara FIF, Jakarta, Jumat (19/4/2024) [PT Federal International Finance].
18:54
24 April 2024

Margono Tanuwijaya Masuki Masa Purnabakti, Antarkan FIF Raih Laba Bersih Rp 4,1 T

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2023 pada Jumat (19/4/2024) yang dihadiri para pemegang saham, disebutkan bahwa Margono Tanuwijaya yang menjabat sebagai Presiden Direktur PT Federal International Finance (FIF) memasuki masa purnabakti.

Sebagai pengganti adalah Siswadi, yang sebelumnya menempati posisi Presiden Direktur PT Astra Sedaya Finance, dan Chief Executive Officer Astra Credit Companies.

Berbincang tentang Pak Mar, sapaan akrab Margono Tanuwijaya, salah satu prestasi terbaru yang ditorehkannya adalah mengantar PT Federal International Finance meraih laba bersih Rp 4,1 triliun dalam laporan 2023. Inilah pencapaian kinerja Perseroan terbesar pertama kali sejak Perseroan berdiri pada 1989.

Pertumbuhan mencapai 29,4 persen secara year-on-year (yoy) dibandingkan 2022, yang membukukan nilai Rp 3,2 triliun.

Kemudian, salah satu penghargaan paling gres yang diraihnya adalah anugerah Marketeer of The Year sebagai The Best Industry Marketing Champion 2023 Multifinance Sector dari MarkPlus Inc., perusahaan konsultan milik Hermawan Kartajaya.

Sebagai President Director PT Federal International Finance (FIFGROUP) saat itu, Margono Tanuwijaya dinilai lewat tiga tahapan, meliputi Nominee Acceptance Data, Judging Criteria, dan Nominee Eligibility Criteria.

Sosok berputra tiga yang salah satunya berkarya sebagai dokter ini lahir di Ponorogo, Jawa Timur, 24 Oktober 1964. Menjadi alumnus Fakultas Biologi Universitas Negeri Jenderal Soedirman, Purwokerto.

Perjalanan kehidupan membawanya bekerja di luar disiplin ilmu yang sudah diperolehnya. Banyak bergelut di sektor ekonomi, pada 1991 melalui proses lamaran kerja di PT Astra International Tbk, Pak Mar masuk Astra Basic Training Programme (ABTP).

Kemudian kariernya bergulir mulai Kepala Cabang sampai General Marketing PT Astra Sedaya Finance (1991-2006), Direktur Pemasaran PT Astra Sedaya Finance (2006-2008), Marketing Director PT Federal International Finance (2008-2010), Chief Executive PT Astra International Tbk - Honda Sales Operation (2010-2012), Marketing Director PT Astra Honda Motor (2012-2017), Presiden Direktur PT Federal International Finance (2017-2024), dengan penunjukan berdasarkan Akta RUPST No. 13 tanggal 10 April 2018 dan terakhir Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2023 pada Jumat (19/4/2024).

Selain itu, juga menjabat sebagai Presiden Komisaris PT Astra Multi Finance, Komisaris PT Matra Graha Sarana, serta Presiden Komisaris PT Astra WeLab Digital Arta.

Sebagai sosok disiplin dan bersahaja, Pak Mar tergolong dekat dengan jurnalis, termasuk dengan para pewarta sektor otomotif, utamanya berangkat dari posisinya saat menjabat sebagai Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM).

Demikian pula saat berkarya sebagai Presiden Direktur PT Federal International Finance, yang memiliki unit bisnis FIFASTRA, yaitu sektor pembiayaan menangani kredit sepeda motor Honda.

Salah satu topik seru yang diperbincangkan Margono Tanuwijaya saat jumpa dengan dalam kesempatan temu editor beberapa saat lalu adalah pandangannya tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Pak Mar menyatakan tentang upaya memberikan value dan legacy, termasuk karyanya bersama perusahaan yang dipimpinnya.

Merujuk kepada filosofi Astra, untuk menjadi sebuah pohon rindang, yang menaungi sekelilingnya. Atau dengan kata lain memberikan arti dan bermanfaat bagi sesama, tidak semata menghasilkan laba.

"Salah satu cita-cita kami adalah tumbuh bersama para pelaku UMKM, karena UMKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia," tandas Margono Tanuwijaya.

Bukti implementasi dari pemaparannya itu salah satunya adalah kegiatan unit bisnis FINATRA dari PT Federal International Finance yang menggelar workshop Sahabat FINATRA, dengan tujuan mempopulerkan rantai industri dari hulu ke hilir, termasuk bergerak dalam rantai pasok. Peserta diberi challenge agar bisa berkembang dan semakin maksimal menjalankan roda kehidupan bisnisnya.

Cita-cita Margono Tanuwijaya untuk senantiasa memajukan UMKM semoga berlanjut di perusahaan yang pernah dipimpinnya dan ditujukan kepada kemajuan ekonomi bagi semua lapisan masyarakat.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #margono #tanuwijaya #masuki #masa #purnabakti #antarkan #raih #laba #bersih

KOMENTAR