Wacana BBM Pertalite Mau Dihapus di 2024, Begini Kata Menteri ESDM
Pengendara mengisi BBM di sebuah SPBU di Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (3/1/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]
08:07
16 Januari 2024

Wacana BBM Pertalite Mau Dihapus di 2024, Begini Kata Menteri ESDM

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif angkat bicara soal adanya wacana penghapusan BBM jenis Pertalite pada 2024. Wacana ini muncul pada pertengahan tahun 202 kemarin.

Sebenarnya, bilang Arifin, adanya penghapusan BBM Pertalite tidak dipermasalahkan oleh Kementerian ESDM. Asalkan, Pertamina memiliki produk BBM lain tanpa adanya beban subsidi tambahan.

"Ya kalau memang bisa disediakan dengan tidak ada beban tambahan, boleh aja," ujarnya dalam konferensi pers di Kementerian ESDM, Jakarta yang ditulis Selasa (16/1/2024).

Sebelumnya, muncul kabar dimana PT Pertamina (Persero) berencana akan menghapus BBM jenis Pertalite.

Menteri ESDM Arifin Tasrif (Antara)Menteri ESDM Arifin Tasrif (Antara)

Pertalite rencana akan digantikan dengan produk baru bernama Pertamax Green 92.

Hal ini diungkapkan Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati pada Rapat Komisi VII Jakarta, Agustus 2023 silam.

"Oleh karena itu 2024 mohon dukungannya juga kami akan mengeluarkan lagi yang kita sebut Pertamax Green 92, sebetulnya ini Pertalite kita campur dengan etanol, naik oktannya dari 90 ke 92," ujar Nicke.

Dengan adanya wacana ini, Pertamina akan memiliki 3 produk untuk mesin bensin kendaraan bermotor yakni Pertamax Green 95, Pertamax Turbo, dan Pertamax Green 92.

Artinya hanya Pertamax Turbo yang masih murni menggunakan bahan baku dari minyak fosil, dan dua produk lainnya sudah mencampurkan etanol, atau sari tumbuhan dengan kadar yang berbeda-beda.

"Pertamax Green 92 dengan mencampur RON 90 dengan 7 persen etanol, Pertamax Green 95 mencampur Pertamax dengan 8 persen etanol," tuturnya.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #wacana #pertalite #dihapus #2024 #begini #kata #menteri #esdm

KOMENTAR