Mudik Lebaran 2024: Ingat Jumlah Saldo e-Money untuk Tol Mobil Pribadi
Salah satu ruas tol yang dikelola Astra Infra, memberikan diskon hingga 20 persen sebelum masa puncak arus mudik Lebaran 2024 dan puncak arus balik Lebaran 2024 [Astra Infra].
16:21
4 April 2024

Mudik Lebaran 2024: Ingat Jumlah Saldo e-Money untuk Tol Mobil Pribadi

Tengah bersiap Mudik Lebaran 2024 menggunakan mobil pribadi? Rilis resmi Astra Infra yang diterima menyatakan bahwa puncak arus mudik Lebaran di sederet titik berlangsung tidak bersamaan. Akan tetapi, akhir pekan ini (6-7/4/2024) pergerakan diprediksi menuju puncak arus mudik.

Dalam kegiatan menggunakan mobil pribadi untuk kebutuhan mudik Lebaran 2024 serta melewati ruas tol saat terjadi puncak arus mudik dibutuhkan manajemen khusus. Di mana titik beratnya adalah mempersiapkan kebutuhan utama selain preparasi kendaraan dan anggota keluarga yang akan diajak berperjalanan.

Manajemen ini meliputi alokasi waktu dan perencanaan perjalanan yang mendukung kenyamanan dalam menempuh ruas jalan tol mau pun jalan arteri.

Salah satu yang terpenting dalam segi keuangan adalah saldo kartu uang elektronik atau e-money.

Persiapan ini menjadi krusial karena gerbang tol atau GT menerapkan pengenalan satu kartu untuk tap in dan tap out di setiap ruas tol, di mana lintasan terpanjang mencakup Tol Trans Jawa. Nominal mulai start hingga finish tembus Rp 900.000 belum termasuk diskon atau potongan harga yang diberikan Astra Infra.

Bila menggunakan kartu berbeda, maka akan dianggap sebagai ketidakpatuhan dan akan dikenai denda sekira dua kali lipat dari harga resmi yang tertera di display.

Untuk itu Astra Infra sebagai salah satu pengelola ruas tol Trans Jawa mengungkapkan imbauan bahwa pemudik agar menyiapkan saldo e-toll yang mencukupi.

Selain itu, memastikan kecukupan bahan bakar, dan agar tidak terjadi kepadatan antrean di tempat pengisian bahan bakar, silakan mengisi bahan bakar kendaraan dengan cukup sebelum melakukan perjalanan.

Untuk menghindari kehabisan bahan bakar, pemudik dapat melakukan perhitungan agar dapat memperkirakan jarak maksimal perjalanan sebelum mengisi ulang bahan bakarnya.

Astra Infra menyediakan fasilitas pengisian bahan bakar melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang terdapat di rest area.

Selain itu, demi mencegah antrean di gerbang tol, bila rest area penuh, pengguna jalan tol bisa memanfaatkan tempat istirahat di luar jalan tol, kemudian kembali masuk tanpa tambahan biaya.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #mudik #lebaran #2024 #ingat #jumlah #saldo #money #untuk #mobil #pribadi

KOMENTAR