Japfa Sukses Raih Penjualan Bersih Rp51,18 Trilliun Selama Tahun 2023
PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) sukses mencatat penjualan bersih sebesar Rp51,81 triliun di tahun 2023. (Dok: Suara.com/Tantri A)
10:42
4 April 2024

Japfa Sukses Raih Penjualan Bersih Rp51,18 Trilliun Selama Tahun 2023

PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) sukses mencatat penjualan bersih sebesar Rp51,81 triliun di tahun 2023 dimana angka tersebut meningkat hingga 4,3% secara year-on-year (yoy).

“Di tengah tantangan yang terjadi di tahun 2023 yakni kelangkaan bahan baku dan fluktuasi harga live bird, JAPFA tetap fokus dalam menjalankan strategis bisnisnya,” ujar Direktur JAPFA, Leo Handoko Laksono pada Rapat Umum Pemegang Saham di Pullman Hotel Jakarta, Rabu (3/4/2024).

Leo juga menyampaikan bahwa upaya efisiensi di berbagai bidang, pengunaan bahan baku alternatif hingga pengoptimalan utilisasi kapasitas produksi berhasil menekan biaya produksi dan menjaga efektivitas kinerja perusahaan. Di samping itu, dalam rangka mendukung program pemerintah untuk menjaga keseimbangan populasi ayam pedaging dalam negeri, JAPFA telah mengekspor ke beberapa negara, termasuk ekspor perdana ayam hidup ke Singapura.

Meninjau kontribusi penjualan kotor per segmen usaha bahwa divisi perunggasan menjadi penyumbang terbesar penjualan mencapai 90%, disusul dengan segmen pasar ternak sebesar 41% dan segmen pertenakan komesial dengan 31%.

“Segmen usaha pengolahan Hasil Peternakan dan Produk Konsumen juga berhasil mecatat petumbuhan kinerja penjualan bersih yang cukup baik, yaitu 3,7% menjadi Rp7,9 triliun dari tahun sebelumnya sebesar Rp7,6 triliun dengan laba mencapai Rp417,2 miliar,” ujar Leo.

Leo mengatakan segmen budidaya perairan juga dinilai masih memiliki potensi yang sangat besar, begitu pula dengan sektor hilir yang senantiasa menawarkan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan pasar. "Kedepannya, kami terus berupaya memperkuat sektor hilir," terangnya.

Ia menjelaskan bahwa JAPFA memiliki beberapa upaya strategis salah satunya dengan memperkuat segmen hilirnya yakni, melakukan ekspansi dan pengembangan pasar, khususnya pada daerah-daerah yang masih memiliki potensi pasar yang besar. Tidak hanya itu saja tapi juga memperluar distribusi penjualan produk dengan melakukan penetrasi ke pasar tradisional

Sepanjang tahun 2023, JAPFA terus mempertajam fokusnya untuk meningkatkan komitmen perusahaan terhadap ospek keberlanjutan. Saat ini JAPFA juga tengah menyempurnakan JAPFA Sustainability Reporting System (JSRS) dengan menambahkan cangkupan data yang relevan, sehingga secara signifikan meningkatkan kelengkapan dan akurasi data.

Editor: Fabiola Febrinastri

Tag:  #japfa #sukses #raih #penjualan #bersih #rp5118 #trilliun #selama #tahun #2023

KOMENTAR