Perbandingan Kekayaan Prabowo Subianto dengan Para Presiden Terdahulu
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto turut mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam penerbangan kepala negara menuju Provinsi Jawa Timur. [Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden]
22:15
20 Maret 2024

Perbandingan Kekayaan Prabowo Subianto dengan Para Presiden Terdahulu

Secara resmi, Komisi Pemilihan Umum akan melakukan pengumuman hasil Pemilu 2024 pada hari ini, Rabu, 20 Maret 2024 selepas waktu berbuka puasa. Tentu sudah banyak yang menduga Prabowo-Gibran akan terpilih. Tapi tidakkah Anda penasaran tentang perbandingan kekayaan Prabowo dengan presiden-presiden sebelumnya?

Prabowo Subianto selain dikenal sebagai mantan prajurit, menteri pertahanan, dan calon presiden, juga dikenal sebagai seorang pebisnis yang ulung. Harta kekayaannya dikenal sangat besar, bahkan jika dibandingkan dengan presiden sebelumnya.

Perkiraan Harta Kekayaan Prabowo Subianto

Mengacu pada berbagai pemberitaan dan data, harta kekayaan Prabowo Subianto tercatat sebesar Rp2,04 triliun. Hal ini juga mengacu pada Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara per 31 Maret 2023, yang dilaporkan olehnya.

Kekayaan ini tentu tidak didapatkannya dari jabatan Menteri Pertahanan, namun dari berbagai sektor bisnis yang dimilikinya bersama sang adik. Ia sempat menjadi perwakilan kelompok bisnis milik sang adik, Tirtamas/Comexindo selama beberapa waktu sebelum akhirnya memutuskan terjun ke dunia politik.

Sejak itu, ia kemudian aktif di berbagai sektor industri dan hingga saat ini memiliki banyak perusahaan yang memberikan pemasukan cukup besar ke pundi-pundi kekayaannya.

Bagaimana dengan Presiden Sebelumnya?

Beberapa presiden sebelumnya yang menjabat juga memiliki harta kekayaan yang tidak kalah fantastis. Jika diurutkan berdasarkan masa jabatannya ke belakang, berikut sekilas datanya:

  • Joko Widodo, tercatat memiliki harta sejumlah Rp50,24 miliar
  • Susilo Bambang Yudhoyono, mengacu pada LHKPN 2014, beliau memiliki kekayaan sebesar Rp13,98 miliar
  • Megawati Soekarnoputri, mengacu pada LHKPN 2014, harta kekayaannya mencapai Rp96,16 miliar
  • Abdurrahman Wahid, memiliki nilai total kekayaan Rp3,49 miliar mengacu pada LHKPN tahun 2001 lalu
  • B.J. Habibie, secara pasti nilai kekayaan yang dimiliki mantan presiden ini tidak diketahui. Tapi mengacu pada pemberitaan Asia Far Eastern Economic Review, nilai harta yang dimiliki mencapai US$60 juta
  • Soeharto, lepas dari apapun yang membuat nama Presiden Soeharto terkenal, ia dikabarkan memiliki total kekayaan mencapai lebih dari US$15 miliar
  • Soekarno, presiden pertama RI ini disebutkan memiliki kekayaan setara miliaran dolar AS. Namun kabar ini tidak dikonfirmasi oleh pihak keluarga, dan dirilis oleh sebuah surat kabar Austria Kronen Zeitung pada 2012 lalu. Kabar ini tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: M Nurhadi

Tag:  #perbandingan #kekayaan #prabowo #subianto #dengan #para #presiden #terdahulu

KOMENTAR