Wow, Kabupaten di Aceh Sudah Terapkan Makan Siang Gratis, Dari Mana Sumber Dananya?
Ilustrasi makan siang gratis (ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin)
12:27
7 Maret 2024

Wow, Kabupaten di Aceh Sudah Terapkan Makan Siang Gratis, Dari Mana Sumber Dananya?

Program makan siang gratis yang menjadi salah satu janji calon presiden Prabowo Subianto hingga kini masih dalam tahapan perencanaan, alias belum diterapkan.

Namun ternyata sudah ada daerah yang melaksanakan program serupa dengan makan siang gratis. Di Aceh Besar, Pemkab setempat melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, telah menguji coba program makan siang gratis yang mirip dengan program Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto.

Sumber dana makan siang gratis yang uji cobanya dilaksanakan di SMP I Negeri Darul Imarah ini dari umbangan dari warga sekitar.

Pengujian program makan siang gratis ini bertujuan untuk mengetahui perkiraan anggaran yang diperlukan pemerintah jika program tersebut diimplementasikan dengan benar.

"Pelaksanaan simulasi makan siang gratis yang bergizi ini bertujuan untuk memahami secara menyeluruh kebutuhan anggaran yang diperlukan dalam menjalankan program ini dan akan menjadi masukan untuk ke depannya," kata Penjabat Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, seperti dilaporkan oleh Antara.

Ia menambahkan, pelaksanaan simulasi makan siang gratis juga bertujuan untuk mengevaluasi kesiapan sekolah dan pemerintah daerah. Karena harga pangan di setiap daerah berbeda, perlu dilakukan perhitungan agar anak-anak mendapatkan makanan yang bergizi.

Pelaksanaan uji coba program makan siang gratis ini didanai oleh sumbangan dari orang tua, guru, dan berbagai pihak, dengan jumlah peserta sebanyak 60 siswa.

"Kami juga sangat terharu dengan pelaksanaan simulasi makan siang gratis yang dibiayai oleh sumbangan ini karena peserta program ini adalah anak yatim dan yatim piatu yang ada di sekolah," ujarnya.

Selain itu, ia mengakui bahwa hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Aceh Besar masih menunggu kebijakan dari Pemerintah Pusat, dan jika program tersebut dilaksanakan, daerah tersebut telah siap untuk menjalankan program makan siang gratis untuk siswa sekolah.

Editor: M Nurhadi

Tag:  #kabupaten #aceh #sudah #terapkan #makan #siang #gratis #dari #mana #sumber #dananya

KOMENTAR