Disindir Anies Program Gatot, Prabowo Ngotot Mau Perbesar Food Estate
Prabowo Subianto dalam ''Dialog Capres bersama Kadin: Menuju Indonesia Emas 2045'', yang digelar di Djakarta Theater, Jakarta, Jumat (12/1/2024). (Dok: Istimewa)
15:44
12 Januari 2024

Disindir Anies Program Gatot, Prabowo Ngotot Mau Perbesar Food Estate

Calon Presiden Nomer Urut 02 Prabowo Subianto tampaknya bakal tetap ngotot untuk melanjutkan program lumbung pangan nasional atau food estate.

Bahkan Prabowo berencana bakal memperbesar program tersebut jika nanti terpilih menjadi Presiden dalam Pemilu 2024.

Padahal program food estate sendiri di klaim Calon Presiden Nomor Urut 01 Anies Baswedan sebagai program yang gagal total alias gatot.

Awalnya, Prabowo mendapat pertanyaan dari Koordinator Wilayah Sulawesi Kadin Indonesia, Krukit Suryo Wicaksono yang bertanya strategi Prabowo dalam meningkatkan produksi pangan dan kemandirian pangan nasional.

“Salah satu strategi paling utama adalah food estate, lumbung padi yang sudah digagas oleh Pak Ibnu Sutowo dari tahun 1970, jadi sudah hampir 50 tahun lalu, dan ini satu-satunya jalan,” ujar Prabowo saat acara debat dengan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Jumat (12/1/2024).

Untuk itu dirinya berniat untuk memperbesar program food estate ini jika dia terpilih menjadi Presiden Indonesia.

"Makanya kita harus mempunyai food estate yang besar," kata mantan Danjen Kopassus ini.

Sebelumnya Anies Baswedan menilai program food estate hanya merusak lingkungan dan tidak menguntungkan serta hanya menguntungkan kroni.

"Food estate singkong yang menguntungkan kroni, merusak lingkungan dan tidak menghasilkan. Ini harus diubah," ujar dia dalam Debat Ketiga Capres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Food estate adalah satu proyek pangan yang dikerjakan Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Penunjukan Prabowo dalam memimpin urusan pangan sempat menjadi tanda tanya bagi publik.

Kala itu Presiden Jokowi mengatakan pemerintah perlu menyiapkan lumbung pangan untuk menghadapi krisis pangan akibat pandemi Covid-19.

Proyek food estate dikerjakan lintas sektor dan kementerian, termasuk Kementerian Pertahanan dilibatkan. Jokowi berdalih bahwa ketahanan pangan juga bagian dari pertahanan nasional.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #disindir #anies #program #gatot #prabowo #ngotot #perbesar #food #estate

KOMENTAR