Usai Dinyatakan Pailit, Karyawan Sritex Group Masih Bekerja Normal
Ilustrasi pekerja pabrik Textile Sritex. (Dok.Jawa Pos)
19:45
28 Oktober 2024

Usai Dinyatakan Pailit, Karyawan Sritex Group Masih Bekerja Normal

Puluhan ribu karyawan dari dua anak perusahaan milik PT Sri Rejeki Isman Tbk atau Sritex grup dipastikan masih bekerja secara normal usai perusahaan tekstil itu diputuskan pailit oleh Pengadilan Niaga Semarang.

Dua perusahaan ini terdiri dari PT Sari Warna Asli dan PT Kreasi Apparel Indopacific. Bahkan, dua pabrik tekstil yang berada di Solo, Jawa Tengah ini masih beroperasi secara normal.

Hal ini sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnasker) Kota Solo Widyastuti Pratiwiningisih usai berkoordinasi dan memastikan perusahaan agar putusan pailit tak berdampak pada puluhan ribu pekerjanya.

"Setelah mendapat info itu (Sritex pailit), kami langsung koordinasi dengan kedua perusahaan tersebut. Jangan sampai berdampak karena banyak mempekerjakan warga Solo," kata Widyastuti seperti dikutip dari Radar Solo, Senin (28/10).

Lebih lanjut, Widyastuti juga mengatakan bahwa dua pabrik yang berinduk pada Sritex masih mengerjakan pesanan dari para buyer. Bahkan, untuk menyelesaikan pesanan tersebut, perusahaan juga memberlakukan lembur kepada karyawannya.

"Upah kerja bagi para pekerja yang lembur dibayarkan sesuai regulasi. Perusahaan Kreasi Apparel juga sedang pengajuan PKWT (perjanjian kerja waktu tertentu) baru, juga masih ada penerimaan tenaga kerja baru," lanjutnya.

Untuk PT Sari Warna pada bulan-bulan ini banyak pesanan dan membutuhkan tenaga kerja, khususnya penjahit. Hal sama juga terjadi di pabrik utama Sritex di Sukoharjo yang tetap beroperasi.

"Cukup banyak warga Solo yang bekerja di Sukoharjo, karena merupakan wilayah perbatasan. Solo ke Sukoharjo banyak," beber Widyastuti.

Widyastuti juga menyampaikan bahwa dinasnya sebagai koordinator Disnaker Solo Raya ikut memonitor masalah yang kini membelit Sritex. Selain itu, kata dia, pemerintah pusat melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) juga sedang mencari skema untuk menyelamatkan Sritex.

"Pemerintah pusat juga menindaklanjuti mengenai kondisi Sritex," pungkasnya.

 

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #usai #dinyatakan #pailit #karyawan #sritex #group #masih #bekerja #normal

KOMENTAR