Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, PTDI Serahkan Pesawat Baru untuk TNI AU
Para penerbang TNI AU menerima pesawat baru yang dibeli oleh Kemhan dari PTDI. (dok. PTDI)
16:09
28 Oktober 2024

Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, PTDI Serahkan Pesawat Baru untuk TNI AU

JawaPos.cm - PT Dirgantara Indonesia (PTDI) kembali menyerahkan pesawat baru untuk TNI AU. Kali ini serah terima dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda pada Senin (28/10). Badan Usaha Milik Negara (BUMN) industri pertahanan itu mengirimkan satu unit pesawat NC212i untuk Angkatan Udara Indonesia. 

Berdasar keterangan resmi dari PTDI, satu unit pesawat NC212i itu merupakan unit keenam dari total sembilan unit pesawat pesanan Kementerian Pertahanan (Kemhan) untuk TNI AU. Pesawat dengan tail number AX-2133 itu akan memperkuat Skadron Udara 4 yang bermarkas di Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur. 

Pesawat angkut dengan konfigurasi Troop Transport itu diterbangkan pertama kali oleh Mayor Penerbang Syamsu Alam. Dia dibantu oleh Kapten Penerbang Adam sebagai Copilot 1 dan Lettu Penerbang Risqi Nurhafidah sebagai Copilot 2. PTDI memastikan pesawat tersebut telah memperoleh Flight Acceptance Certificate pada 24 Oktober 2024. 

Seperti pengiriman pesawat kelima, NC212i keenam juga sudah dilengkapi dengan baling-baling baru buatan MT Propeller, Jerman. Yakni MTV-27 sebagai baling-baling yang telah disertifikasi oleh EASA.  ”Untuk kelebihan dari MT Propeller yang dirasakan sekarang suara atau kebisingan lebih rendah, kemudian pada saat melaksanakan single engine di atas, untuk start nya tidak ada hentakan,” jelas Mayor Syamsu Alam. 

Baling-baling MTV-27 compatible dengan mesin terpasang, yaitu Honeywell TPE331. Sehingga memberikan kinerja optimal dengan tingkat kebisingan dan getaran rendah selama operasi. ”Semoga ini menjadi sebuah momentum, sehingga kedepan kita bisa kembali mengambil atau men-delivery pesawat-pesawat PTDI yang baru dengan situasi yang semakin baik. Tentunya pesawat yang terbaru ini akan menjadi salah satu kekuatan sebagai Alutsista di Skadron 4,” tambah Syamsu.  

Dalam keterangan yang sama, PTDI mengungkapkan bahwa lima pesawat sebelumnya telah dikirimkan secara bertahap. Dua unit pada 2023, satu unit pada 2022, dan dua unit pada 2021. Merujuk rencana PTDI, pesawat ketujuh akan diserahkan pada Februari 2025.

 

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #bertepatan #dengan #hari #sumpah #pemuda #ptdi #serahkan #pesawat #baru #untuk

KOMENTAR