Tumbuh Stabil, VKTR Bukukan Pendapatan Rp 646 Miliar Hingga September 2024
Ilustrasi - Karyawan melintas di dekat monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. ANTARA
09:09
25 Oktober 2024

Tumbuh Stabil, VKTR Bukukan Pendapatan Rp 646 Miliar Hingga September 2024

PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR) mencatatkan pendapatan bersih sebesar Rp646 miliar dari bisnis penjualan kendaraan bermotor listrik dan manufaktur suku cadang hingga hingga kuartal III 2024. Perseroan juga mencatat laba kotor sebesar Rp123 miliar dengan peningkatan marjin laba kotor.

“Perseroan mengalami pertumbuhan stabil di setiap quarter di tahun 2024, dan kami optimistis pertumbuhan ini akan terus terjadi dengan semakin banyaknya pesanan dan purchase order untuk berbagai macam line up produk VKTR”, ucap Gilarsi W. Setijono, Presiden Direktur VKTR dalam keterangannya, Jumat (25/10).

Pendapatan bersih VKTR sepanjang sembilan bulan pertama 2024 tercatat mengalami kontraksi menjadi Rp646 miliar dibandingkan Rp891 miliar pada periode yang sama tahun 2023.

Hal tersebut sesuai dengan data Gaikindo yang menunjukkan adanya pelemahan penjualan kendaraan niaga di Indonesia sebesar 21% sampai bulan September 2024.

Pendapatan bersih tetap menunjukkan pertumbuhan yang stabil di setiap kuartalnya dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 7,9%. Sementara laba kotor mengalami penyusutan menjadi Rp124 miliar pada 3Q24 dari Rp156 miliar pada periode 3Q23.

Namun demikian, marjin laba kotor meningkat dari 17,5% pada 3Q23 menjadi 19,1% pada periode ini, terutama karena efisiensi produksi di bidang manufaktur suku cadang dan kontribusi penjualan truck serta forklift.

Sampai akhir September 2024, VKTR berhasil mendapatkan tender Transjakarta via operator sebanyak 20 unit bus listrik 12meter Completely Knocked Down (CKD). Unit-unit tersebut ditargetkan serahterima kepada operator pada akhir tahun ini. Diharapkan, unit tambahan tersebut dapat memberikan kontribusi positif dalam penurunan emisi transportasi di Jakarta.

Diluar proyek Transjakarta, VKTR telah berhasil mengamankan beberapa Purchase Order (PO) dari instansi pemerintah dan perusahaan BUMN, termasuk unit Compactor, Dump Truck, dan Arm Roll Truck. Sampai saat ini, dua unit Compactor listrik pertama bahkan telah beroperasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) sejak Agustus 2024.

Selain itu, Fasilitas Kendaraan Listrik Berbasis CKD yang sedang dibangun di Magelang, Jawa Tengah, telah mencapai 86% dan ditargetkan selesai pada akhir tahun 2024.

Fasilitas ini akan menjadi yang pertama di Indonesia yang mampu memproduksi chassis kendaraan listrik komersial dengan metode CKD. Pencapaian ini juga diakui oleh Kementerian Perindustrian karena tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) yang telah melebihi 40% untuk produk bus 12 meter.

 

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #tumbuh #stabil #vktr #bukukan #pendapatan #miliar #hingga #september #2024

KOMENTAR