Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional Gelar Ekrafest 2024
Gekrafs (Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional) akan menggelar Ekrafest 2024 di Sarinah pada 24-25 Oktober. (Istimewa)
14:36
24 Oktober 2024

Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional Gelar Ekrafest 2024

–Memperingati Hari Ekonomi Kreatif Nasional (Hekrafnas) 24 Oktober, Gekrafs (Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional) akan menggelar Ekrafest 2024 di Sarinah pada 24-25 Oktober. Acara ini merupakan bagian dari Perayaan Hari Ekonomi Kreatif Nasional yang telah ditetapkan pemerintah sesuai Kepmen NOMOR SK/98/UM.02.00/MK/2023 yang dilaksanakan setiap 24 Oktober.

Ekrafest 2024 akan menghadirkan berbagai kegiatan seru, dari talkshow inspiratif hingga pertunjukan musik, sebagai bentuk apresiasi dan dorongan terhadap potensi ekonomi kreatif di Indonesia. Ketua Dewan Pembina Gekrafs Sandiaga Uno menyampaikan, Hari Ekonomi Kreatif Nasional menjadi momentum penting dalam perjalanan ekonomi kreatif sebagai motor penggerak ekonomi masa depan Indonesia.

”Hari Ekonomi Kreatif Masa Depan Indonesia bukan sekadar slogan, tetapi komitmen bersama untuk menumbuhkan kreativitas dan inovasi di tengah masyarakat,” kata Sandiaga Uno.

Sementara itu, Ketua Umum Gekrafs Kawendra Lukistian menyatakan, Hekrafnas adalah hasil perjuangan dan inisiasi Gekrafs sebagai bentuk penghargaan terhadap ekosistem ekonomi kreatif di Tanah Air.

”Melalui Ekrafest, kami berharap ekonomi kreatif bisa semakin berkembang dan memberi dampak positif bagi ekonomi nasional,” terang Kawendra.

Ekrafest 2024 dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Di antaranya Ekrafs Talk yakni sesi diskusi inspiratif dengan tokoh-tokoh ekonomi kreatif, Ekrafs Market ruang pameran dan penjualan, produk-produk kreatif lokal. Di Film Spot dan Game Spot pengunjung dapat menikmati karya film dan permainan interaktif. Kemudian Ekrafs Concert & Show yang menampilkan festival musik serta pertunjukan seni.

Kawendra Lukistian menyampaikan, festival ini akan menghadirkan musisi ternama seperti Fourtwnty, Meiska, Manshur Angklung, Nareii, Kidunghara, Teater Anak Tanah Air, Ishlah Bio, dan Gekrafs All Stars. Acara akan dipandu Reza Anugrah dan Winah Setiawati, menjamin keseruan selama dua hari penuh.

Ketua Komite Ekrafest yang juga Wakil Ketua MPR RI Akbar Supratman berharap kehadiran tokoh-tokoh penting dalam acara ini diharapkan mampu memperkuat kolaborasi lintas sektor demi memajukan ekonomi kreatif Indonesia.

Beberapa tokoh nasional dan pelaku industri kreatif juga dijadwalkan hadir untuk mendukung acara ini. Ekrafest 2024 juga mendapat dukungan penuh dari Bank BRI dan Bank BTN, sebagai bentuk komitmen sektor perbankan dalam mendukung pengembangan ekonomi kreatif nasional.

”Ekrafest 2024 di Sarinah akan menjadi ajang kolaborasi dan perayaan kreativitas yang tidak boleh dilewatkan. Mari rayakan Hekrafnas bersama dan wujudkan Hari Ekonomi Kreatif Masa Depan Indonesia!” tutur Akbar.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #gerakan #ekonomi #kreatif #nasional #gelar #ekrafest #2024

KOMENTAR