Bulog Pastikan Stok Beras Aman Jelang Bulan Ramadhan dan Jelaskan Musim Panen Raya di Akhir Maret
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo (Kiri), Dirut Perum Bulog Bayu Krisnamurti (tengah) dan Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo (kanan) melihat beras yang dijual di Sentra Nusantara di Kompleks pergudangan modern Perum Bulog, Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu (30/12/2023). (HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS)
12:27
23 Februari 2024

Bulog Pastikan Stok Beras Aman Jelang Bulan Ramadhan dan Jelaskan Musim Panen Raya di Akhir Maret

 Stok beras untuk kebutuhan Ramadhan sudah dipastikan aman oleh Badan Pangan Nasional. Panen raya di bulan Maret mendatang diprediksi dapat menambah stok beras sekaligus menjaga stabilitas harga beras.

Kepastian amannya stok pangan itu juga dibenarkan wakil pimpinan cabang Bulog Cabang Probolinggo, Yoga Prastyadi.

Dilansir dari Radar Bromo pada Jumat (23/2), Dia mengatakan pasokan beras di gudang Bulog Sub Divre Probolinggo masih aman. Tercatat per Rabu (21/2) stoknya masih sebanyak 7.400 ton.

"Ini cukup untuk konsumsi lebih dari 6 bulan ke depan. Jadi masih aman. Rencana bulan Maret nanti juga akan ada penyerapan beras dari petani," jelasnya.

Yoga mengatakan bahwa stok tersebut terus didistribusikan ke pasar tradisional maupun ritel modern. Pihaknya juga telah menyalurkan bantuan pangan bagi masyarakat kurang mampu dalam 2 tahap untuk menjaga stabilisasi.

Tahap pertama telah mencapai 100 persen terealisasi pada Rabu (7/2).

"Sedangkan tahap kedua dilaksanakan mulai minggu depan dengan sasaran tetap. Yaitu 20.306 KPM se Kota Probolinggo dengan total beras sebanyak 203.060 kg," tambahnya.

Ia juga menjelaskan pada tahun 2023 khususnya di Kota Probolinggo Bulog telah menyalurkan beras medium SPHP sejumlah 1.538.750 kg.

Beras SPHP atau stabilisasi pasokan dan harga pangan bagi masyarakat umum ini didistribusikan melalui mitra yang telah bekerja sama dengan Bulog.

Hingga akhir tahun 2023, Bulog Cabang Probolinggo telah menjalin kerjasama dengan 112 toko pengecer yang tersebar di seluruh Kota Probolinggo.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #bulog #pastikan #stok #beras #aman #jelang #bulan #ramadhan #jelaskan #musim #panen #raya #akhir #maret

KOMENTAR