Operasional Bandara Dhoho Bakal Dongkrak Pendapatan Daerah Kabupaten Kediri, dari Sini Sumbernya
Bandara Dhoho Kediri. (Radar Kediri)
09:00
23 Februari 2024

Operasional Bandara Dhoho Bakal Dongkrak Pendapatan Daerah Kabupaten Kediri, dari Sini Sumbernya

 

 

 Meski belum dipastikan kapan beroperasi, keberadaan Bandara Internasional Dhoho Kediri digadang - gadang bakal menguntungkan berbagai pihak lintas sektoral.

Mulai dari pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), hingga mendongkrak tempat – tempat destinasi wisata di Kabupaten Kediri dan sekitarnya.

Selain memberi keuntungan pada pihak swasta dan perorangan, Bandara Internasional Dhoho Kediri ini juga terbilang akan meningkatkan Pendapatan Daerah.

Khususnya bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri. Sejumlah pendapatan baru diperkirakan memiliki potensi naik dari berbagai pernak - pernik pendukung bandara. 

Mulai dari pemasangan papan reklame di area bandara dan di beberapa titik jalan menuju bandara, yang diperkirakan akan menarik pendapatan daerah hingga Rp 97 juta.

Selain itu, dilansir Radar Kediri (JawaPos Grup), Jumat (23/2), sejumlah pendapatan daerah baru lainnya akan diperoleh melalui sistem bagi hasil retribusi perparkiran dan retribusi pengelolaan sampah.

Lalu, dari pemakaian air PDAM dan angkutan bandara untuk keperluan Bandara Internasional Dhoho Kediri yang dapat mendongkrak pendapatan daerah Kabupaten Kediri.

Untuk memastikan kerja sama tersebut dapat berjalan dengan lancar, Pemkab Kediri telah membuat nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT SDhI.

Selanjutnya pemkab juga sedang memproses pembuatan perjanjian kerja sama (PKS) yang mengatur detail kerja sama dari setiap bidangnya. 

Untuk diketahui, PKS tersebut dibuat antara PT SDhI sebagai pengelola bandara dengan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membidangi.

Misalnya, terkait angkutan bandara akan ada PKS dengan dinas perhubungan. Lalu, terkait pemasangan pajak reklame ada PKS dengan bapenda dan dinas terkait. 

Seperti persampahan terkait dengan dinas lingkungan hidup (DLH), dan sejumlah PKS lainnya. 

“Jadi, dengan adanya bandara nanti Pemkab Kediri tetap mendapat secara langsung,” beber Sukadi. 

 

Editor: Kuswandi

Tag:  #operasional #bandara #dhoho #bakal #dongkrak #pendapatan #daerah #kabupaten #kediri #dari #sini #sumbernya

KOMENTAR