Jaga Kualitas Tanaman, Pengembangan Kebun Bangun Gunakan Standar ISPO
Pengembangan Kebun kelapa sawit Bangun Kebun. (Istimewa)
07:27
20 Februari 2024

Jaga Kualitas Tanaman, Pengembangan Kebun Bangun Gunakan Standar ISPO

Perusahaan BUMN PT Perkebunan Nusantara IV terus melakukan ekspansi bisnis dengan melakukan penanaman kelapa sawit untuk menjaga kesinambungan produksi ke depannya.

Penanaman salah satunya dilakukan di areal perkebunan kepala sawit Kebun Bangun, Kabupaten Simalungun yang masuk dalam regional I PTPN IV.

Tanaman kelapa sawit yang baru ditanam atau Tanaman Belum Menghasilkan (TBM) dikembangkan sesuai dengan standar yang ada. Penanaman dan perawatan dilakukan secara maksimal sebagai bagian dari upaya menghasilkan kebun sawit terbaik.

Manajer Kebun Bangun, Febryandi B mengatakan penanaman kelapa sawit yang dilakukan dengan memperhatikan kualitas dan kuantitas tanaman dari segi bibit hingga perawatan.

"Perawatan kebun yang kita kelola dilakukan oleh tim secara berkesinambungan. Salah satunya dilakukan dengan melakukan kastrasi atai pembersihan kembang sawit," katanya.

Menurutnya, dalam melakukan perawatan kebun pihaknya mengikuti standar RSPO dan ISPO.

Perawatan yang dilakukan meliputi pembersihan gawangan, pemupukan, hingga peletakan tandanan kosong sudah sesuai dengan ketentuan.

"Kita lakukan perawatan kebun sesuai standar yang ada, termasuk dalam tahapan pemupukan," ungkapnya.

Asisten Kebun Bangun Joni Hidayat menambahkan bahwa pemeliharaan dilakukan secara berkala.

"Kami selalu memperhatikan standar kerja. Penanganan dilakukan sesuai dengan jadwal pemeliharaan di areal yang telah ditetapkan," pungkas Joni.

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #jaga #kualitas #tanaman #pengembangan #kebun #bangun #gunakan #standar #ispo

KOMENTAR