Sampai Kapan Pembatasan Pembelian Beras Berlaku di Ritel Modern? Begini Kata Asosiasi
Pedagang saat mengecek kondisi beras di Pasar Induk Cipinang, Pisangan Timur, Pulo Gadung, Jakarta. (DERY RIDWANSAH/ JAWAPOS.COM)
22:18
18 Februari 2024

Sampai Kapan Pembatasan Pembelian Beras Berlaku di Ritel Modern? Begini Kata Asosiasi

- Pembatasan pembelian beras di sejumlah ritel modern, masih diberlakukan hingga hari ini, Minggu (18/2). Bahkan, di sejumlah minimarket di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, stok beras 5kg masih belum tersedia.   Berdasarkan pantauan JawaPos.com, beras yang tersedia di Indomaret Tegal Parang, Jakarta Selatan hanya berukuran 2kg. Itupun tinggal tersisa kurang dari 20pcs di rak.   Lantas, sampai kapan pembatasan pembelian beras ini akan diberlakukan di ritel modern?   Terkait itu, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey mengatakan kemungkinan besar pembatasan pembelian beras di ritel modern masih akan dilakukan hingga waktu panen raya tiba.  

  Selain itu, pembatasan pembelian beras juga mungkin baru akan berhenti dilakukan jika stok impor beras di tanah air sudah masuk semua.   "Pembatasan ini kelihatannya kalau dalam suasana sekarang yang belum panen, dan kemudian impor belum masuk semua, pasti kita akan jalankan terus," kata Roy Nicholas Mandey kepada wartawan, beberapa waktu lalu.   Sementara itu, Kepala NFA Arief Prasetyo Adi mengatakan pihaknya akan mempersiapkan panen besar yang kemungkinan ada di Maret. Fokusnya adalah menjaga harga di tingkat petani agar tidak mengalami depresiasi berlebihan.  

  "Nah bulan depan, ini kita mulai sekarang sudah harus siapkan bagaimana menjaga harga di tingkat petani supaya tidak jatuh. Biasanya kalau panennya sudah mulai di atas 2 juta sampai 3 juta ton, harga gabah di tingkat petani mulai jatuh. Jadi ini yang harus kita jaga," ungkapnya.   "Perintahnya Bapak Presiden ke kami, agar menjaga harga di tingkat petani supaya petani kita juga semangat nandur, semangat nanam. Lalu menjaga juga di pedagang supaya ada stoknya dan juga harga di tingkat konsumen agar terus dijaga pula," tutupnya.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #sampai #kapan #pembatasan #pembelian #beras #berlaku #ritel #modern #begini #kata #asosiasi

KOMENTAR