Jokowi: Masa Depan Otomotif Indonesia Ada di Mobil Listrik
Presiden Jokowi (berkemeja putih) saat menyambangi booth industri otomotif asal Vietnam, VinFast, di ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JiExpo, Jakarta Pusat, Kamis (15/2/2024). ANTARA/Andi Firdaus
12:31
15 Februari 2024

Jokowi: Masa Depan Otomotif Indonesia Ada di Mobil Listrik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpendapat, kendaraan berbasis listrik merupakan arah masa depan bagi industri otomotif Indonesia, mengingat negara ini memiliki pasokan bahan baku yang mendukung produksi.

Pernyataan ini diberikan oleh Presiden Jokowi setelah membuka dan meninjau pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JiExpo, Jakarta Pusat, pada hari Kamis (15/2/2024).

"Saya melihat baik dan banyak yang dipamerkan mobil-mobil listrik. Saya kira ini memang masa depan otomotif Indonesia itu ada di mobil listrik, karena kita memiliki bahan baku nikel dan lainnya," kata Jokowi, dikutip dari Antaranews.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyambangi sejumlah booth perusahaan otomotif nasional dan mancanegara, salah satunya VinFast sebagai produsen startup otomotif swasta yang berkantor pusat di Vietnam.

Di lokasi, Presiden sempat masuk ke kabin pengemudi salah satu produk VinFast untuk merasakan sensasi memegang stir kemudi mobil sedan jenis VF 5 berwarna putih.

Seperti yang sudah diketahui, Presiden bersama dengan rombongan terbatas telah mengunjungi pabrik perakitan mobil VinFast pada Sabtu (13/1) di Hai Phong, Vietnam, dan menyampaikan minat dari VinFast untuk berinvestasi di Indonesia.

Namun, ketika ditanya tentang minat Presiden terhadap salah satu produk otomotif di IIMS, ia tidak menyebutkan jenis mobilnya secara spesifik.

Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa saat ini tidak ada rencana dari pemerintah untuk memberikan insentif tambahan bagi kendaraan listrik, sejak aturan tersebut diberlakukan pada 3 April 2023.

Namun pemerintah berkomitmen mendorong pengurangan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) bagi produk kendaraan listrik, kata Jokowi menambahkan.

Tujuannya, kata Jokowi, agar semua produk otomotif bertenaga listrik dapat berproduksi di Indonesia.

"Saya kira ini akan mendorong penjualan dan nanti akan mendorong produksi pabrik electric vehicle yang ada di Indonesia. Saya kira arahnya ke sana dan nanti kita bisa bersaing dengan negara negara lain, kalau semua local content sudah, baterainya sudah, saya kira kita lihat nanti kita akan bisa bersaing dengan negara lain," ujarnya.

Editor: M Nurhadi

Tag:  #jokowi #masa #depan #otomotif #indonesia #mobil #listrik

KOMENTAR