Biar Nggak Boncos, Begini Tips Kelola Keuangan Pasca Pernikahan
Ilustrasi perencanaan keuangan (unsplash.com/mathieu stern)
15:30
9 Februari 2024

Biar Nggak Boncos, Begini Tips Kelola Keuangan Pasca Pernikahan

PT JULO Teknologi Finansial (JULO), peruhaan teknologi terus melakukan literasi keuangan atau pemahaaman tentang kredit digital. Pasalnya, masyarakat masih banyak yang belum memahami terkait dengan kredit digital maupun pengelolaan keuangan.

CEO & Co-founder JULO, Adrianus Hitijahubessy mengatakan, kekinian tingkat inklusi dengan literasi masih timpang, di mana inklusi keuangan mampu mencapai 85 persen dan berbanding dengan literasi yang hanya mencapai 49 persen.

"Hal ini menjadi perhatian kami karena menunjukkan bagaimana masyarakat semakin terpapar dengan jasa keuangan tanpa dibarengi dengan pemahaman yang memadai. Oleh sebab itu, peningkatan inklusi serta literasi keuangan secara bersamaan menjadi bagian dari langkah aktif JULO untuk membuat masyarakat Indonesia semakin berdaya secara finansial," ujar Adrianus seperti yang dikutip, Jumat (9/2/2024).


Pemerintah Setuju Revisi Aturan Baru PLTS Atap, Tak Ada Jual Beli Listrik

Untuk mengatasi ketimpangan itu, JULO menyelenggarakan acara JULO Customer Day 2024 pada awal Februari.

JULO menghadirkan talkshow dengan tajuk ‘#BisaTerus Melesat Finansial Setelah Menikah’ guna memberikan edukasi mengenai pentingnya manajemen keuangan dalam kehidupan setelah pernikahan.

Senior Digital Marketing Manager JULO, Darwin Nursamsur membagikan tips mengelola keuangan efektif pasca pernikahan secara praktis.

Menurut dia, sulit rasanya bagi banyak orang untuk memulai kebiasaan perencanaan keuangan karena terdengar ribet, padahal bisa banget dimulai pelan-pelan.

Kemudian, Darwin menyarankan, masyarakat yang telah menikah tidak mikir yang terlalu kompleks. Mulai saja dari mikir rencana jangka pendek misal seminggu dan bisa catat sederhana dan semudah pakai kertas dan pena.


Digitalisasi dan Mekanisasi Masa Depan Perkebunan Nusantara

"Nanti begitu sudah terbiasa, baru mulai alokasi persentase tiap bulannya. Apalagi setelah menikah, perencanaan keuangan sangat penting untuk memfasilitasi pernikahan yang kuat dan stabil," kata Darwin.

Sementara, Head of Marketing JULO, Mikhal Anindita menambahkan, acara itu juga membuat masyarakat semakin berdaya melalui penjabaran literasi keuangan.

"Lami berharap agar inovasi produk JULO dari tarik dana tunai, bayar tagihan, top-up e-wallet sampai biaya pendidikan dapat semakin optimal dalam memenuhi kebutuhan nasabah dengan pemahaman keuangan yang semakin baik," pungkas dia.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #biar #nggak #boncos #begini #tips #kelola #keuangan #pasca #pernikahan

KOMENTAR