Heboh Raffi Ahmad Dituding Nikmati Duit 'Haram', Begini Ciri-ciri Praktik Pencucian Uang
Artis Raffi Ahmad kembali jadi sorotan, kali ini soal kekayaan yang ia miliki. Isu dugaan pencucian uang yang dilakukan dirinya kembali diungkap.
12:12
2 Februari 2024

Heboh Raffi Ahmad Dituding Nikmati Duit 'Haram', Begini Ciri-ciri Praktik Pencucian Uang

Artis Raffi Ahmad kembali jadi sorotan, kali ini soal kekayaan yang ia miliki. Isu dugaan pencucian uang yang dilakukan dirinya kembali diungkap.

Dugaan bahwa Raffi Ahmad telah terlibat dalam tindak pidana pencucian uang disampaikan oleh Ketua Umum DPP Nasional Corruption Watch (NCW), Hanifa Sutrisna.

Tidak tanggung-tanggung, dana yang diterima Raffi Ahmad disebut bernilai fantastis. Raffi Ahmad juga dikatakan memiliki ratusan rekening bank yang digunakan sebagai 'penadah' dana.

"Kami sudah menerima beberapa dugaan tindakan pencucian uang yang dilakukan oleh saudara Raffi Ahmad. Nilainya fantastis," ujar Hanifa Sutrisna, mengutip dari unggahan TikTok @nasionalcorruption pada Kamis (1/2/2024).

Lantas apa ciri-ciri dari praktik pencucian uang atau yang lebih dikenal dengan istilah money laundry?

Beberapa bulan lalu, Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Rhenald Kasali pernah membuat konten video terkait ciri-ciri praktik pencucian uang.

Dalam video berdurasi sekitar 7 menit dengan judul ’10 Tanda-Tanda Bisnis Artis Dari Pencucian Uang’ itu Rhenald mengungkapkan tanda-tanda praktik 'haram' ini.

Rhenald pun mengutip pernyataan dari mantan Presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto. Dia bilang “Money Laundering is giving oxygen to organised crime,” ucap Rhenald yang dikutip dari kanal YouTube-nya, Jumat (2/2/2024).

Dirinya mengungkap ada sekitar 10 ciri-ciri pelaku kejahatan dalam melakukan pencucian uang.

1. Tiba-tiba Usaha Menjadi Sangat Besar

"Dan besarnya itu membuat anda terkagum-kagum," kata dia.

2. Easy Money

"Namanya juga easy money, seakan-akan mudah sekali uang itu datang," katanya.

3. Selalu Punya Alibi

"Oh ini adalah hasil dari usaha, padahal kalau kita hitung-hitung mana bisa hasil itu buat kita beli Ferarri terlebih untuk membeli pesawat jet pribadi. Ini kan lucu-lucuan namanya," katanya.

4. Bukan Membangun Usaha, Tetapi Membangun 'New Empire'

"Kerjaan baru yang besar, karena satu orang yang nitip lama-lamabanyak orang yang nitip dan DNA-nya sama tadi (melakukan parktik pencucian uang)," kata Rhenald.

5. Mengaku Modalnya dari Warisan

"Atau dari kepintaran-kepintaran yang orang lain tidak pahami atau sulit untuk dianalis dari wartawan, misalkan trading. saya pikir trading itu ekspor-impor engga tahunya trading judi online, algoritma, kripto, binsis properti yang orang lain tidak mengetahui bagaimana value-nya," papar dia.

"Seorang pebisnis akan mencari bisnis yang sunrise atau mataharinya terang yang sedang naik daun, tapi anehnya dia justru membiayai bisnis yang 'sunset' yang sinarnya sudah turun tapi anehnya ditangan mereka bisnisnya bersinar," tambahnya.

6. Ada Sosok Tersembunyi di Belakang Mereka

"Sosok tersembunyi ini umumnya adalah orang yang memiliki kekayaan asli dari uang-uang artis tersebut. Mereka bisa saja bersembunyi di antara karyawan lain agar tidak diketahui identitasnya," katanya.

7. Bisnisnya Tumbuh Besar Tapi Tak Punya Keahlian

"Artis ini pada umumnya memiliki usaha yang tumbuh dengan besar namun dia tidak memiliki keahlian dalam berbisnis. Hal ini disebabkan karena ada orang lain yang lebih pandai dari mereka dan bertugas untuk mengelola bisnis yang sebenarnya," ucapnya.

8. Dikelilingi Media Komunikasi

"Para artis atau pengusaha ini umumnya akan berinvestasi di sejumlah media komunikasi. Jadi, saat mereka ada kegiatan, mereka selalu dikelilingi oleh orang-orang yang merekam dan mengikuti kegiatannya," katanya.

9. Mereka Terlihat 'Generous'

"Cash rich, suka bagi bagi duit" katanya.

10. Tiba-tiba Bermasalah

"Karena dikelilingi oleh orang-orang bermaslaah seperti ada karyawan yang terlibat pembunuhan, narkoba, seksual, atau apapun yang tidak pantas. Ini adalah orang-orang titipan," pungkasnya.

"Semoga kita dijauhkan dari hal ini. Orang muda harus paham segala yang mudah itu akan membuat kita menjadi sangat sulit. Stay relevant," katanya.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #heboh #raffi #ahmad #dituding #nikmati #duit #haram #begini #ciri #ciri #praktik #pencucian #uang

KOMENTAR