Telkom Bakal Bentuk Entitas Baru InfraCo Garap Bisnis Fiber Optik
Gedung Telkom. (Dok: Telkom)
18:21
1 Pebruari 2024

Telkom Bakal Bentuk Entitas Baru InfraCo Garap Bisnis Fiber Optik

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom Indonesia tengah merampungkan lini bisnis terbarunya yang akan fokus pada fiber optik. Lini bisnis itu akan menjadi entitas tersendiri dan menjadi anak usaha emiten bersandi saham TLKM ini yang dinamakan InfraCo.

Direktur Group Business Development Telkom Indonesia, Honesti Basyir mengatakan, kekinian proses yang tengah pisahkan atau spin off dari induk usaha yaitu TelkomMetra.

"Inisiatif yang kedua kita sebut InfraCo, InfraCo ini adalah semua bisnis connectify network di Telkom yang berbasis fiber optik. Akan kita spin off menjadi satu perusahaan sendiri, anak perusahaan," ujarnya, dalam Media Gathering di Jakarta, Kamis (1/2/2024).

"Maka akan mengelola semua bisnis network berbasis fiber-nya Telkom Group. Ini akan jadi anak usaha sendiri," sambung dia.

Nantinya, jelas Honesti, semua aset fiber optik milik Telkom Group kecuali menara dikelola oleh InfraCo. Namun sebelum mengambil alih aset, InfraCo pada tahap awal akan fokus pada mengelola bisnis servis digital yang dimiliki Telkom.

"Tapi tahap pertama hanya konsennya mengenai digital servis, belum ada aset-aset viber Telkom yang ditransfer ke anak perusahaan induk. Dalam setahun ini kita akan lakukan bisnis fiber Telkom, tapi bisnisnya belum pindah ke mereka," kata dia.

Setelah bisnis berjalan, Mantan Bos Bio Farma ini menuturkan, baru aset fiber optik dipindahkan ke InfraCo. Akan tetapi, pemindahan aset ini perlu adanya perhitungan, mengingat aset fiber optik milik Telkom Group bernilai triliunan rupiah.

"Rencananya baru di semester I tahun depan baru akan kita lakukan proses aset transfer ini ke InfraCo," pungkas dia.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #telkom #bakal #bentuk #entitas #baru #infraco #garap #bisnis #fiber #optik

KOMENTAR