Dari Maarten Paes Hingga Pratama Arhan, Berapa Gaji Pemain Timnas Indonesia?
Timnas Indonesia (Instagram/sandywalsh)
07:44
8 Oktober 2024

Dari Maarten Paes Hingga Pratama Arhan, Berapa Gaji Pemain Timnas Indonesia?

Menelisik lebih jauh tentang karir pemain timnas Indonesia yang saat ini tengah naik daun selalu menjadi bacaan yang menarik. Ulasan di artikel ini akan mencoba membedah siapa 3 pemain timnas dengan gaji paling kecil saat ini.

Seperti yang sudah Anda ketahui, pelatih timnas senior memutuskan akan membawa sebanyak 27 pemain untuk laga melawan Bahrain dan China pada Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 mendatang. Dari pemain-pemain tersebut, rentang gajinya juga cukup menarik untuk ditelusuri.

Daftar Pemain yang Dibawa pada Laga Lanjutan

Untuk pemain yang akan dibawa oleh Coach STY sendiri, daftarnya adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Harga Pasar Mees Hilgers Vs Ali Madan, 2 Pemain Termahal di Timnas Indonesia dan Bahrain

- Penjaga Gawang: Maarten Paes, Ernando Ari, Nadeo Argawinata
- Pemain Belakang: Jordi Amat, Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, Calvin Verdonk, Rizky Ridho, Shayne Pattynama, Jay Idzes, Sandy Walsh, Mees Hilgers, Eliano Reijnders, Wahyu Prasetyo
- Pemain Tengah: Ricky Kambuaya, Nathan Tjoe-A-On, Egy Maulana Vikri, Thom Haye, Witan Sulaeman, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan
- Pemain Depan: Ragnar Oratmangoen, Hokky Caraka, Rafael Struick, Malik Risaldi, Dimas Drajad

Nama-nama di atas dirilis secara resmi oleh PSSI dan akan menjadi skuad utama yang turun pada laga melawan Bahrain dan China beberapa waktu yang akan datang. Pertandingan terdekat adalah 10 Oktober 2024 di Bahrain National Stadium.

Pemain Timnas dengan Gaji Paling Kecil

Pemain dengan gaji terkecil memang terdengar tidak terlalu menyenangkan untuk dibaca. Namun nyatanya, tak semua pemain memperoleh gaji yang sangat besar di klub masing-masing ketika mereka tidak membela timnas Indonesia.

Beberapa nama seperti Nathan Tjoe-A-On, kemudian Rizky Ridho, Ivar Jenner, Justin Hubner, Pratama Arhan, dan Rafael Struick, menjadi daftar dengan gaji cukup besar.

Baca Juga: Fitri Carlina Totalitas Bela Timnas, Pekerjaan Mentereng sang Suami Ikut Jadi Sorotan

Lalu siapa kira-kira pemain dengan gaji paling kecil saat ini?

Informasi tersebut memang tidak secara terbuka dapat disampaikan karena gaji yang diterima di klub akan berdasar pada kontrak masing-masing pemain. Namun setidaknya, terdapat gambaran gaji pemain ketika membela timnas Indonesia.

Untuk timnas senior, kisaran gaji yang diberikan adalah antara Rp50 juta hingga Rp100 juta per bulan. Kemudian untuk timnas U-23, gaji yang diberikan antara Rp20 juta hingga Rp50 juta per bulan, dan untuk timnas U-19, gaji yang diberikan adalah Rp10 juta hingga Rp20 juta per bulan.

Dari sisi klub, Pratama Arhan adalah pemain Timnas Indonesia dengan gaji tertinggi, diperkirakan mencapai Rp500–Rp600 juta per musim, dan saat ini bermain untuk Suwon FC dengan gaji hingga Rp10 miliar per musim. Rizky Ridho Ramadhani, yang saat ini merupakan pemain Persija Jakarta, juga termasuk pemain termahal dengan pendapatan Rp5,65 miliar per tahun dan nilai pasar Rp6,95 miliar.

Nathan Tjoe-A-On memiliki pendapatan Rp1,8 miliar per tahun dan nilai pasar Rp6,08 miliar. Ivar Jenner, pemain naturalisasi dari Belanda yang bermain untuk FC Utrecht, bergaji Rp559 juta per tahun dengan nilai pasar Rp5,21 miliar. Justin Hubner, pemain naturalisasi yang bermain untuk Cerezo Osaka, memiliki nilai pasar Rp3,48 miliar dan gaji Rp1,2 miliar per pekan.

Namun demikian, nilai-nilai di atas mungkin bisa berubah sewaktu-waktu. Selain itu, saat ini Timnas Indonesia juga sudah menambah sejumlah punggawa baru seperti Mees Hilgers,yang diperkirakan memiliki gaji hingga Rp11 miliar per musim. Eliano Reijnders juga diperkirakan menerima gaji hingga Rp10 miliar. 

Selain dua nama itu, ada pula Jordi Amat yang memiliki gaji mencapai Rp 28 miliar sebagai pemain JDT. Sedangkan Malik Risaldi memiliki gaji berkisar Rp3,9 miliar tiap musim.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: M Nurhadi

Tag:  #dari #maarten #paes #hingga #pratama #arhan #berapa #gaji #pemain #timnas #indonesia

KOMENTAR