Transformasi Kesehatan, Menkes Budi Ajak Prudential untuk Layanan RS Rujukan
Ilustrasi. PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan dengan membuka peluang kerja sama melalui Transformasi Layanan Rujukan
09:30
26 Januari 2024

Transformasi Kesehatan, Menkes Budi Ajak Prudential untuk Layanan RS Rujukan

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan dengan membuka peluang kerja sama melalui Transformasi Layanan Rujukan baru-baru ini.

Transformasi Layanan Rujukan merupakan bagian dari pilar kedua program prioritas Kemenkes, yaitu Transformasi Kesehatan Indonesia, dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas serta pemerataan layanan kesehatan di seluruh Indonesia.

Kemitraan strategis ini juga sejalan dengan inisiatif yang dijalankan Prudential Indonesia untuk memberikan layanan kesehatan yang unggul dan profesional agar masyarakat dapat #YakinMelangkah dalam mewujudkan perlindungan hingga masa depan.

“Kami berterima kasih atas kepercayaan dari Kementerian Kesehatan dan OJK terhadap Prudential Indonesia untuk mendukung implementasi Transformasi Layanan Rujukan, termasuk membuka peluang kerja sama dengan 34 Rumah Sakit Vertikal yang secara langsung dikelola pemerintah," kata Michellina Laksmi Triwardhany, Presiden Direktur Prudential Indonesia dikutip Jumat (26/1/2024).

Kerja sama ini turut memperluas kemitraan dengan rumah sakit yang dikelola pemerintah dan menjadi rumah sakit rujukan terakhir, sehingga dapat menjangkau lebih banyak lagi masyarakat Indonesia untuk mendapatkan layanan kesehatan yang unggul.

Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan Republik Indonesia menyampaikan pentingnya kolaborasi sebagai salah satu upaya untuk mendorong transformasi kesehatan di Indonesia. Menkes menyebutkan terdapat tiga hal yang harus menjadi perhatian dalam implementasi Transformasi Layanan Rujukan di Indonesia, yaitu pelayanan yang bagus, berbasis penelitian, dan mampu mengampu atau membina rumah sakit milik pemerintah daerah.

"Selain itu, akses yang mudah, kualitas yang bagus, dan harga yang murah perlu dipenuhi sebagai parameter layanan kesehatan, untuk dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat dalam memperoleh layanan kesehatan yang baik," kata Budi.

Prudential Indonesia telah meluncurkan inovasi layanan PRUPriority Hospitals pada November 2023 sebagai bagian dari komitmen perusahaan untuk memperluas layanan kesehatan yang berkualitas, mudah diakses, terjangkau, dan berpusat pada masyarakat. PRUPriority Hospitals juga diluncurkan sebagai wujud komitmen perusahaan untuk senantiasa mendengarkan kebutuhan masyarakat, kondisi pasar, serta biaya kesehatan dari waktu ke waktu.

Melalui PRUPriority Hospitals, diharapkan nasabah dapat memperoleh kualitas proteksi unggul dan menyeluruh, berupa efektivitas proses persetujuan klaim, transparansi estimasi biaya perawatan yang sesuai dengan jalur klinis di rumah sakit, serta peningkatan mutu layanan kesehatan berbasis bukti medis. Dengan demikian, nasabah dapat memiliki peluang terbaik untuk meraih manfaat kesehatan terdepan dan berkesinambungan atas polis asuransi yang dimiliki.

Hingga saat ini, program PRUPriority Hospitals telah menjalin kemitraan strategis dengan 171 rumah sakit dan fasilitas kesehatan di Indonesia dan luar negeri. Kemitraan strategis tersebut secara bertahap akan terus diperluas secara merata di tingkat nasional, termasuk dengan rumah sakit vertikal kelolaan Kementerian Kesehatan.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #transformasi #kesehatan #menkes #budi #ajak #prudential #untuk #layanan #rujukan

KOMENTAR