Bahlil Sindir Tom Lembong: Pimpin BKPM Merasa Jadi Menteri Investasi
Ketua Dewan Pembina Penerus Negeri Bahlil Lahadalia menyampaikan keterangan usai agenda deklarasi dukungan terhadap Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Sabtu (28/10/2023). [Suara.com/Dea]
16:08
24 Januari 2024

Bahlil Sindir Tom Lembong: Pimpin BKPM Merasa Jadi Menteri Investasi

Menteri Investasi dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, menyuarakan kritik tersirat terhadap mantan Kepala BKPM, Thomas Trikasih Lembong (Tom Lembong).

Pada saat menyampaikan laporan realisasi investasi periode 2023, Bahlil memulai paparannya dengan mengomentari peran Tom Lembong yang kini menjabat sebagai Co-Captain Timnas Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (AMIN).

Bahlil menjelaskan, status Kementerian Investasi/BKPM baru hadir pada 2021. Dengan demikian, tidak benar bila Kepala BKPM terdahulu merasa dirinya merupakan mantan menteri investasi.

"Tidak benar kalau ada yang pernah memimpin BKPM dan merasa menjadi menteri investasi. Karena, menteri investasi berada pada 2021 jadi jangan menyebar kebohongan publik," ujar dia pada Rabu (24/1/2024).

Ia juga menyindir Tom Lembong yang mengklaim telah memberikan contoh pidato kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama bertahun-tahun.

Bahlil juga menyinggung warisan investasi yang terbengkalai era Tom Lembong yang mencapai Rp708 triliun.

Untuk diketahui, Tom Lembong merupakan mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada periode awal kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Ia menjabat sebagai Kepala BKPM dari tahun 2016 hingga 2019.

Sebelum menjabat sebagai Kepala BKPM, Tom Lembong pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan Indonesia. Pengangkatan Tom sebagai Menteri Perdagangan terjadi pada periode 2015 hingga 2016, menggantikan posisi Rachmad Gobel.

Selain itu, Tom Lembong, yang merupakan alumnus Harvard, juga memiliki pengalaman sebagai komisaris di beberapa perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Tom pernah menjabat sebagai komisaris di PT Graha Layar Prima Tbk. (BLTZ) yang sebelumnya mengelola jaringan bioskop Blitz Megaplex pada periode 2012 hingga 2014. Ia juga pernah menjabat sebagai Komisaris Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. (PJAA) dari tahun 2021 hingga 2023.

Editor: M Nurhadi

Tag:  #bahlil #sindir #lembong #pimpin #bkpm #merasa #jadi #menteri #investasi

KOMENTAR