Jokowi Titip Program Bantuan Beras Gratis ke Prabowo
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto turut mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam penerbangan kepala negara menuju Provinsi Jawa Timur. [Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden]
11:23
4 Oktober 2024

Jokowi Titip Program Bantuan Beras Gratis ke Prabowo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menitip pesan kepada Presiden Terpilih Prabowo Subianto agar meneruskan program-program unggulan yang telah berjalan. Salah satunya, program bantuan pangan beras 10 kg yang berakhir pada Desember 2024.

Jokowi bakal meminta Prabowo agar kebijakan ini terus bergulir. Kepala Negara itu juga meminta masyarakat untuk mendorong Prabowo agar kebijakan ini terus dijalankan.

"Saya nanti bisikin ke Pak Prabowo. Tapi usulannya dari Bapak, Ibu semuanya lho ya," ujar Jokowi saat melakukan pembagian bantuan beras di Gudang Bulog Kampung Baru, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang dikutip Jumat (4/10/2024).

"Nanti saya sampaikan tadi Bapak-Ibu masyarakat dari Sumba Barat, mengusulkan kepada Pak Prabowo agar program ini bisa dilanjutkan," sambung dia.

Baca Juga: Keponakan Prabowo Tegaskan Target Pertumbuhan Ekonomi RI 8% Bukan Cuma Omong Kosong

Menurut Jokowi, bantuan pangan ini ampuh untuk menekan harga beras yang tinggi ini. Dengan, permintaan yang menurun, membuat harga beras berangsur turun.

"Kalau ini kan memang sudah sesuai dengan rencana Agustus kemudian Oktober kemudian Desember. Dan kita harapkan itu juga bisa mengerem harga beras agar tidak bisa naik karena kita intervensi lewat bantuan pangan berupa beras," kata dia dalam kesempatan lain.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebut, kebijakan ini juga tidak membuat pasokan beras pemerintah kosong. Dia memastikan, pasokan beras masih melimpah.

"Nggak ada masalah soal pasokannya. Tadi stok di sini saja berapa? Kurang lebih hampir 1.000 ton. Gede banget," tegas dia.

Sebagai informasi saja, kebijakan bantuan beras 10 kg sebenarnya untuk mengantisipasi daya beli turun akibat inflasi pangan karena El Nino yang membuat panen terganggu.

Baca Juga: Jurus Keponakan Prabowo Dongkrak Penerimaan Negara Tahun Depan

Kekinian, penerima bantuan pangan itu sebanyak 22 juta. Jumlah itu naik dibandingkan periode sebelumnya yang sebanyak 20 juta penerima.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #jokowi #titip #program #bantuan #beras #gratis #prabowo

KOMENTAR