ANTAM Berikan Progam ARAHAN Pada SMAN 1 Tanya Hilir
(Dok: Antam)
13:52
28 September 2024

ANTAM Berikan Progam ARAHAN Pada SMAN 1 Tanya Hilir

PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM), melalui Unit Bisnis Pertambangan (UBP) Bauksit Kalimantan Barat, berikan program Aksi Bersama Pencegahan dan Mitigasi Bencana Untuk Lingkungan yang Berkelanjutan (ARAHAN) pada SMA Negeri 1 Tayan Hilir melalui simulasi penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). 

Sekretaris Perusahaan ANTAM, Syarif Faisal Alkadrie menegaskan, program ARAHAN ini merupakan bentuk dukungan ANTAM terhadap pemerintah daerah dalam menghadapi potensi bencana, khususnya di Kabupaten Sanggau yang tercatat memiliki risiko bencana tinggi. 

Ini merupakan komitmen ANTAM terhadap penguatan masyarakat dalam menghadapi bencana. Melihat berdasarkan laporan kajian risiko Provinsi Kalimantan Barat 2022-2026, daerah ini rentan terhadap bencana seperti kebakaran hutan, banjir, cuaca ekstrim, kekeringan, dan longsor. 

“Melalui program ARAHAN, kami berharap masyarakat, termasuk generasi muda, dapat lebih siap menghadapi potensi bencana. Kerjasama antara sekolah, pemerintah, dan masyarakat sangat penting dalam memastikan keberhasilan manajemen bencana,” ungkap Syarif.

Baca Juga: Program Sharp Class Ciptakan Generasi Unggul

Program ini tidak hanya untuk kalangan pelajar. Karena, pada 18 September 2024, ANTAM juga mengadakan kegiatan serupa bersama kelompok Mamalam, yang fokus pada kesiapsiagaan terhadap kebakaran hutan.

Syarif mengatakan, dengan program ARAHAN, ANTAM tidak hanya berfokus pada bisnis pertambangan, tetapi juga berupaya meningkatkan kesadaran dan ketangguhan masyarakat sekitar dalam menghadapi ancaman bencana. Langkah ini sekaligus menjadi bagian dari komitmen perusahaan dalam menjalankan praktik-praktik Environment, Social, and Governance (ESG) secara berkelanjutan.

“Kami optimis, kontribusi ANTAM melalui program ini dapat membantu masyarakat dalam merespons bencana secara cepat dan tepat,” tutup Syarif. 

Informasi tambahan, ANTAM juga memasang papan tanda peringatan di area rawan bencana seperti di Desa Tanjung Bunut dan Dusun Cingka, guna meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya yang mungkin terjadi.

Baca Juga: Infomedia Dinobatkan Sebagai Customer Experience Management Services Company of the Year 2024

Editor: Fabiola Febrinastri

Tag:  #antam #berikan #progam #arahan #pada #sman #tanya #hilir

KOMENTAR