Maksimalkan Penjualan dengan Konten Kreatif Berbasis Persona di TikTok
Head of Business Marketing TikTok Indonesia Sitaresti Astarini, E-commerce Assistant Manager Herborist Yolanda Tuasela, kreator TikTok Hanssen Benjamin. (Idah Saidah/Jawa Pos)
09:09
19 September 2024

Maksimalkan Penjualan dengan Konten Kreatif Berbasis Persona di TikTok

– Periode Mega Sales yang berlangsung di akhir tahun seperti 10.10, 11.11, dan 12.12 selalu dinanti oleh masyarakat Indonesia, terutama di platform TikTok. Berdasarkan riset terbaru, sekitar 90 persen pengguna TikTok berbelanja selama periode Mega Sales di tahun 2023, dan diperkirakan setengah dari mereka akan kembali berbelanja pada Mega Sales tahun ini.

Dengan memanfaatkan konten yang tepat dan strategi promosi yang kuat, brand dapat mengoptimalkan momen ini untuk meningkatkan penjualan. Riset dari Accenture Song bersama TikTok pada 2023 mengungkapkan bahwa 60 persen pengguna TikTok aktif mencari rekomendasi produk melalui konten di platform tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa konten di TikTok tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga mampu memengaruhi keputusan pembelian.

“Konsumen kini melihat konten sebagai faktor penting dalam berbelanja, terutama saat mereka mencari tren dan inspirasi. Di TikTok, konten brand yang informatif, otentik, dan menawarkan promosi menarik akan lebih disukai oleh konsumen,” ujar Sitaresmi Astarani, Head of Business Marketing TikTok Indonesia.

Untuk memaksimalkan kampanye Mega Sales 2024, TikTok memperkenalkan karakter persona konsumen berdasarkan kebiasaan mereka dalam menikmati konten. Dengan memahami persona ini, brand bisa menciptakan konten yang relevan dan kreatif, sehingga dapat menginspirasi dan memengaruhi keputusan belanja jutaan konsumen di TikTok.

Brand seperti Herborist, yang memproduksi produk kecantikan berbahan alami, telah memanfaatkan ekosistem kreatif TikTok untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan penjualan produk mereka. "Selain berdampak positif pada penjualan, kampanye di TikTok juga mampu memperluas jangkauan produk Herborist ke seluruh wilayah Indonesia,” ujar Yolanda Tuasela, E-commerce Assistant Manager Herborist.

Berkolaborasi dengan kreator TikTok juga menjadi strategi efektif untuk mencapai hasil kampanye yang lebih kreatif. Salah satu kreator, Hanssen Benjamin, yang dikenal dengan konten tips lifehacks, menunjukkan bagaimana TikTok dapat digunakan untuk menciptakan konten iklan yang inovatif dan menghibur.

 

Editor: Dhimas Ginanjar

Tag:  #maksimalkan #penjualan #dengan #konten #kreatif #berbasis #persona #tiktok

KOMENTAR