HSBC Suntik Lebih Dari USD 20 Juta Untuk Pengusaha Jatim
Foto Ki-Ka: Richard Cahadi (PT MGFI), Henry Suwignjo (PT BD), Francois de Maricourt (CEO HSBC Indonesia), Delia Melissa (Head of Global Trade Solutions HSBC Indonesia), Alan Karyono (PT BCP).
20:18
13 September 2024

HSBC Suntik Lebih Dari USD 20 Juta Untuk Pengusaha Jatim

Komitmen pelaku industri finansial tanah air dalam mendorong ekonomi berbagai wilayah makin terlihat. Kali ini, PT Bank HSBC mewujudkan dukungan mereka dengan memberikan dukungan fasilitas keuangan untuk beberapa perusahaan di Jatim. Bantuan tersebut diberikan dengan menerapkan prinsip kebermanfaatan dari sisi lingkungan maupun ekonomi.

Presiden Direktur HSBC Indonesia Francois de Maricourt menegaskan, HSBC terus berupaya untuk memberi dukungan terhadap pelaku usaha di Indonesia. Salah satunya tentu saja di Surabaya. ’’Kita sudah berada di Jakarta saat namanya masih Batavia pada 1884. Dan kami sudah berbisnis di Surabaya sejak 1896. Sejarah yang panjang ini terus berlanjut hingga saat ini,’’ ungkapnya saat menandatangani perjanjian pemberian fasilitas perbankan untuk tiga perusahaan di Surabaya kemarin (12/9).

Head of Global Trade Solutions HSBC Indonesia Delia Melissa menambahkan, pada kesempatan kali ini pemberian fasilitas perbankan kali ini diberikan kepada tiga perusahaan. Yakni, PT Bambang Djaja, Borwita Group, dan PT Mega Global Food Industry.

’’Untuk Borwita Group dan PT Mega Global Food Industry kami berikan supply chain financing karena peran mereka dalam mata rantai industri retail. Dengan produk ini, kita bisa mempercepat pembayaran antara buyer dan seller sehingga working capital (modal kerja) mereka bisa optimal,’’ ungkapnya.

Total fasilitas yang diberikan untuk ketiga perusahaan tersebut mencapai lebih dari USD 20 juta. Nilai tersebut diharapkan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi dan bisnis di Surabaya. Riko Tasmaya, managing director Wholesale Banking HSBC Indonesia, menegaskan bahwa pasar di ibu kota Jawa Timur memang penting.

Pada 2023, penanaman modal asing di provinsi Jawa Timur telah menunjukkan peningkatan lebih dari 50 persen menjadi USD 4,7 miliar. Selain itu, kota Surabaya, sebagai pusat ekonomi terbesar kedua di Indonesia dan ekonomi terbesar ke-7 di ASEAN di depan Hanoi, semakin dikenal di kalangan investor.

’’Surabaya adalah kota yang berkembang pesat dengan banyak potensi untuk investor asing. Lokasinya yang strategis. Sebagai bank global dengan konektivitas internasional yang kuat di ASEAN, HSBC siap mendukung dan menghubungkan berbagai bisnis untuk berkembang di Surabaya,’’ ungkapnya.

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #hsbc #suntik #lebih #dari #juta #untuk #pengusaha #jatim

KOMENTAR