Harpropnas Fest 2024 Kembali Dihelat, Dorong Edukasi Market Properti
Jajaran pimpinan Rumah123 berfoto bersama pada pembukaan Harpropnas Fest 2024 di Atrium Gandaria City, Jakarta Selatan. (Istimewa)
07:18
12 September 2024

Harpropnas Fest 2024 Kembali Dihelat, Dorong Edukasi Market Properti

Setelah sukses menggelar peringatan Hari Properti Nasional (Harpropnas) melalui festival properti pertama dan terbesar di Indonesia pada tahun 2023 lalu, Rumah123 kembali menyelenggarakan Harpropnas Fest 2024 selama tujuh hari dari tanggal 9-15 September di Main Atrium Gandaria City, Jakarta.

Senior Vice President Marketing 99 Group Indonesia Bharat Buxani mengungkapkan bahwa kepemilikan rumah menjadi hal krusial, terutama bagi generasi muda yang menghadapi tantangan dalam mewujudkan hunian impiannya, baik dari segi pilihan properti berkualitas, fleksibilitas pembiayaan sampai memilih produk pendukung rumah tangga.
”Melalui Harpropnas Fest 2024, kami ingin mengedukasi pentingnya kepemilikan rumah sebagai kebutuhan jangka panjang, serta menawarkan berbagai pilihan hunian berkualitas dengan solusi pembiayaan yang terjangkau dan fleksibel,” ujar Bharat.

Berdasarkan data internal, sambung Bharat, di akhir Semester I 2024 terdapat peningkatan pada permintaan (enquiries). Permintaan terhadap rumah yang dijual bertumbuh 81,7 persen sementara rumah yang disewa 44,2 persen. Di sisi lain, pencari properti di Indonesia kembali didominasi generasi muda pada rentang usia 25-34 tahun (32,6 persen), diikuti usia 18-24 tahun (27,1 persen).

Kemudian kelompok usia 45-54 tahun (18,4 persen), 35-44 tahun (15,2 persen) dan 55-64 tahun (6,2 persen). Di lain pihak, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengingatkan kepada pengelola situs jual-beli rumah agar melindungi konsumen yang sedang mencari rumah dengan menyeleksi aspek legal rumah-rumah yang ditawarkan.

”Kebutuhan rumah masih tinggi, ditandai backlog yang masih tinggi, sekitar 9 juta unit tahun 2023,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Ditjen Perumahan Kementerian PUPR M Hidayat. Dia menjelaskan kontribusi sektor properti khususnya perumahan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sangat signifikan, yakni mencapai 14-16 persen sehingga menjadi kewajiban bagi pelaku usaha untuk menjaga iklim properti tetap kondusif.

Dia menyoroti banyaknya rumah-rumah di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) yang tidak dihuni. Sedangkan di sisi lain banyak masyarakat yang sampai saat ini mencari rumah. "Sehingga menjadi kewajiban bagi penyedia situs jual-beli rumah untuk mempertemukan,” tegasnya. (*)

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #harpropnas #fest #2024 #kembali #dihelat #dorong #edukasi #market #properti

KOMENTAR