Dinobatkan sebagai Negri Atas Awan, Ini 5 Fakta Menarik Dataran Tinggi Dieng 
View Desa Sembungan, Desa Tertinggi Di Pulau Jawa (Pemprov Jateng )
21:07
17 April 2024

Dinobatkan sebagai Negri Atas Awan, Ini 5 Fakta Menarik Dataran Tinggi Dieng 

 

  Jawapos.com - Dataran tinggi Dieng memiliki nerbagai fakta unik dan menarik yang harus kita ketahui.   Kawasan wisata di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, ini memiliki beberapa potret surga terhampar.   Mulai dari indahnya taman bunga Daisy di Gunung Prau, hingga telaga dengan beragam warna serta pemilik sunrise terbaik di Pulau Jawa.   Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas berbagai deretan fakta menarik tentang dataran tinggi Dieng.   Dikutip dari laman Dieng Tour, Rabu (17/4), simak ulasan berikut ini yang akan mengupas fakta menarik tentang Dieng yang dikenal dengan sebutan di negeri atas awan.  

  Rambut Gimbal Si Banjang   Si anak Bajang adalah sebutan untuk manusia normal yang memiliki rambut Gembel atau gimbal.   Pemilik rambut gimbal itu merupakan fakta unik yang ada di Dieng Plateau, bukan karena disebabkan jarang mandi atau tidak pernah sisiran.   Uniknya rambut gimbal yang dimiliki si anak Bajang itu tidak tumbuh sejak lahir, melainkan saat mulai menginjak usia lima tahunan.   Biasanya anak tersebut akan menderita demam yang sangat panas dan tak kunjung sembuh antara tiga sampai empat puluh hari sebagai tanda tumbuhnya rambut gimbal.   Setiap tahunya mereka selalu mengadakan tradisi pencukuran rambut gembel yang sesuai dengan tradisi turun temurun yang dipercayai oleh masyarakat Dieng Plateau.   Dan salah satu syarat utamanya adalah setiap permintaan si anak harus dipenuhi oleh pihak keluarga.  

  Terdapat Desa Tertinggi   Terdapat sebuah desa tertinggi di pulau jawa yang berada di dataran Tinggi Dieng yaitu Desa Sembungan Village yang berada pada 2.300 mdpl.   Desa yang terletak di Kecamatan Kejajar Wonosobo ini memiliki destinasi wisata yang cukup terkenal yaitu wisata sunrise Bukit Sikunir dan Telaga Cebong.   Sehingga tidak bisa dihindari desa ini menjadi incaran para wisatawan baik lokal maupun luar daerah karena ingin menyaksikan sunrise terbaik di pulau Jawa.   Bagi pengunjung yang akan masuk ke desa tersebut akan dikenai biaya masuk sebesar Rp 10.000,00 per orang, dengan dua lokasi objek wisata Bukit Sikunir dan Telaga Cebong.  

  Buah Endemik Carica   Di dataran tinggi Dieng terdapat buah mungil yang hanya tumbuh di sana bernama latin Carica Papaya.   Buah bangsa pepaya dapat tumbuh sangat banyak dengan subur di sana. Buah tersebut akan terus bertambah banyak ketika tanamnya semakin tua.   Fakta uniknya buah tersebut tidak diperkenankan untuk dimakan secara langsung.   Namun buah tersebut harus diolah lebih dulu seperti menjadi manisan, keripik, dodol atau coklat carica.   Karena apabila buah ini dimakan secara langsung bisa menyebabkan gatal dan perih karena terkena getahnya.  

  Ginseng Dieng   Ginseng Dieng atau Purwaceng merupakan minuman herbal asal dataran tinggi Dieng yang dijadikan minuman sehari hari disana.   Selain untuk kesehatan minuman tersebut dikonsumsi untuk menghangatkan badan karena suhu disana yang sangat dingin.   Tidak semua orang disana bisa membudidaya tanaman Purwoceng yang hanya bisa tumbuh di Dieng Plateau.   Fakta uniknya semua Tanaman Purwaceng bisa dimanfaatkan mulai dari daun, batang hingga akarnya.   Dan semakin tua tumbuhan ini hidup makan khasiat yang dihasilkan semakin tinggi juga untuk kesehatan.  

  Suhu Hingga 0 Derajat   Tidak hanya di Puncak Gunung Jaya di Papua, di dataran tinggi dieng juga terdapat salju atau es.   Disana embun yang menempel pada tanaman bisa menjadi beku layaknya es batu yang menandakan suhu disana bisa mencapai 0 derajat bahkan minus.   Embun buku tersebut oleh masyarakat setempat disebut sebagai bun upas dan hal ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.   Namun embun beku ini, adalah embun beracun yang bisa membunuh berbagai jenis tanaman komoditas pangan.   Biasanya embun beku bisa ditemui pada bulan Juli – Agustus, di mana waktu tersebut, suhu udara dieng berada di titik bekunya.   Baiklah demikian ulasan mengenai fakta menarik dan unik tentang negeri atas awan dataran tinggi dieng, semoga bermanfaat.  

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #dinobatkan #sebagai #negri #atas #awan #fakta #menarik #dataran #tinggi #dieng

KOMENTAR