Mengenal Destinasi Wisata Kereta Api Ambarawa yang Semakin Ramai Karena Keindahan Alam dan Nuansa Klasiknya
Mengenal Wisata Kereta Api Klasik di Ambarawa. (Dok Radar Semarang/JPG)
13:56
19 Februari 2024

Mengenal Destinasi Wisata Kereta Api Ambarawa yang Semakin Ramai Karena Keindahan Alam dan Nuansa Klasiknya

Berwisata naik kereta api dapat menjadi salah satu pilihan bagi yang ingin merasakan liburan bersama keluarga.

Wisata kereta api merupakan sebuah wisata kereta api uap yang terletak di Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Terdapat museum di lokasi tersebut sehingga sangat familier dengan sebutan Wisata Museum Kereta Api Ambarawa.

Dilansir dari Radar Semarang pada Senin (19/2), Wisata ini menawarkan pengalaman unik dengan lokomotif kuno untuk menjelajahi keindahan alam beserta sejarahnya.  



Saat berwisata di Museum Kereta Api Ambarawa pengunjung dapat mempelajari sejarah kereta api di Indonesia dengan cara yang menarik. Selain itu tentu saja pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam yang masih asri dan alami di ketinggian 711 mdpl dari atas permukaan laut.

Daya tarik utama dari wisata ini adalah lokomotif uap kuno yang masih dapat dioperasikan dan terawat dengan baik.

Kereta tersebut ditarik oleh lokomotif uap yang diketahui telah berusia lebih dari 100 tahun buatan Jerman dan Belanda. Pengunjung dapat merasakan sensasi naik kereta api klasik dengan suara khas lokomotif uap dan asap yang mengepul.

Terdapat pemandangan alam yang indah, ketika lokomotif melintas melewati persawahan, hutan dan perbukitan yang menyejukkan mata.  



Berdasarkan informasinya, Wisata Museum Kereta Api Ambarawa memiliki dua rute perjalanan yakni rute pendek dan rute panjang. Untuk memilih rute pendek mulai dari Stasiun Ambarawa - Stasiun Tuntang PP dengan jarak 5 km dan waktu tempuh 30 menit.

Harga tiket rute pendek diketahui sebesar Rp 50.000 untuk dewasa dan Rp 30.000 untuk anak-anak. Sedangkan untuk Rute panjang waktu tempuh berwisata selama 1 jam dengan rute dari Stasiun Ambarawa - Stasiun Bedono yang berjarak 12 km.

Harga tiket rute panjang diketahui sebesar Rp 100.000 untuk dewasa dan Rp 50.000 untuk anak-anak. Wisata ini juga menyediakan berbagai fasilitas lainnya seperti taman bermain, kafe, restoran dan museum kereta api.

Waktu terbaik untuk berwisata di Museum Kereta Api Ambarawa baiknya pada pagi atau sore hari untuk menghindari cuaca panas.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #mengenal #destinasi #wisata #kereta #ambarawa #yang #semakin #ramai #karena #keindahan #alam #nuansa #klasiknya

KOMENTAR