Libur Long Weekend, Polri Tingkatkan Patroli di Tempat Wisata dan Permukiman
Pengunjung bermain di tempat wisata Umbul Cokro atau Obyek Mata Air Cokro (OMAC) di Juragan Jero, Daleman, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. (MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS)
18:14
10 Februari 2024

Libur Long Weekend, Polri Tingkatkan Patroli di Tempat Wisata dan Permukiman

- Libur long weekend berpotensi meningkatkan kriminalitas. Karena itu, Korps Bhayangkara meningkatkan intensitas patroli di tempat keramaian, tempat wisata, dan permukiman.

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andhiko menuturkan, libur panjang memicu peningkatan mobilitas di bandara, stasiun, jalan tol, dan tempat wisata. Polri pun bakal meningkatkan pengamanan di tempat keramaian itu. ”Perlu diantisipasi pengamanannya,” paparnya.

Caranya dengan menambah patroli kepolisian. Sekaligus meningkatkan kesiapsiagaan personel di daerah. ”Kawasan permukiman juga dijaga dengan patroli,” terangnya.

Polri akan melakukan tindakan terukur bila menemukan adanya kejahatan. Pelaku kejahatan yang mengganggu kamtibmas bakal ditindak tegas.

Untuk antisipasi kemacetan di jalan tol, lanjut dia, dilakukan sejumlah rekayasa lalu lintas. Diharapkan, mobilitas kendaraan menjadi lebih lancar. ”Masyarakat pun lebih nyaman dan aman saat perjalanan,” ujarnya.

Pengamat transportasi Djoko Setijawarno menerangkan, memang saat libur panjang terjadi peningkatan volume kendaraan. Namun, ada sejumlah pembatasan yang perlu ditinjau kembali. ”Salah satunya pembatasan operasional truk,” jelasnya.

Selama ini, saat volume kendaraan meningkat, truk kerap dibatasi operasinya. Kondisi itu tentu menimbulkan kerugian tersendiri bagi pengusaha truk dan sopirnya. ”Saya kira perlu memberi insentif untuk mereka. Bagi pengusaha bisa insentif pajak, dan sopir berikan bantuan,” terangnya. (idr/c18/bay)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #libur #long #weekend #polri #tingkatkan #patroli #tempat #wisata #permukiman

KOMENTAR