Snorkeling hingga Suasana Senjanya Jadi Pemikat Wisata di Anyer
SERU: Selain aktivitas snorkeling, wisatawan bisa bermain wahana banana boat di Pantai Carita. (DOKUMENTASI)
09:28
13 Oktober 2024

Snorkeling hingga Suasana Senjanya Jadi Pemikat Wisata di Anyer

Tak salah jika destinasi yang satu ini masih sangat eksis. Keindahan alam serta wahana yang ditawarkannya mampu menghilangkan kepenatan warga Jakarta yang supersibuk.

BARIS lirik lagu ”Antara Anyer dan Jakarta” yang dipopulerkan Sheila Majid pada akhir 1980-an silam memang benar adanya. Keindahan alam Pantai Anyer menjadi latar cantik yang mendeskripsikan lagu itu.

Keindahan itu pula yang membuat Anyer tetap jadi pilihan para wisatawan, terutama bagi Jakartans (sebutan untuk warga Jakarta) yang rutin melakukan short getaway ke objek-objek wisata di kota penyangga.

Kawasan wisata yang terletak di Anyer, Kabupaten Serang, Banten, tersebut memang layak menjadi destinasi favorit. Terutama bagi penggemar pesisir yang tenang. Hamparan ombak yang berpadu dengan senja nan syahdu menjadi magnet yang begitu kuat bagi siapa pun.

FAVORIT: Snorkeling jadi salah satu favorit wisatawan untuk menikmati keindahan alam bawah laut Pantai Anyer. (DINDA JUWITA/JAWA POS)

Terlebih, lokasi objek wisata ini bisa ditempuh dengan mudah. Jika memilih kereta api, tak sampai dua jam perjalanan, pelancong sudah bisa sampai di kawasan Anyer. Sementara, jika menggunakan bus atau kendaraan pribadi, waktu tempuh yang dibutuhkan berkisar antara 3 hingga 3,5 jam.

Selain tawaran panorama alam yang memesona, sebagai kawasan pariwisata, fasilitas yang tersedia di Anyer juga lengkap. Berbagai hotel tersedia dengan ragam pilihan. Letaknya juga tak jauh dari kawasan pesisir, sehingga memudahkan pelancong yang ingin menikmati indahnya pantai di Anyer.

Selain duduk menikmati pantai, wisatawan juga bisa memilih aktivitas watersport untuk mengisi liburan. Salah satu kawasan di Anyer yang menyuguhkan pilihan watersport adalah Pantai Carita.

Pantai Carita terkenal dengan pasir pantainya yang putih, sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Dulunya, pantai ini merupakan bagian dari kawasan hutan lindung seluas 95 hektare dengan kekayaan flora dan fauna di dalamnya. Karena potensi kekayaan alamnya yang tinggi, pemerintah akhirnya menetapkan pantai seluas 2,5 hektare tersebut sebagai taman wisata alam pada 1978.

MEMERAH: Senja di Pantai Anyer menawarkan keindahan dan ketenangan bagi wisatawan yang berkunjung ke sana. (DINDA JUWITA/JAWA POS)

Wahana di Pantai Carita cukup lengkap. Di antaranya banana boat, snorkeling, papan seluncur, diving, dan lainnya. ’’Ini pertama kalinya ke Anyer dan sekaligus mencoba snorkeling di sini. Ingin lihat aktivitas konservasinya juga,’’ ujar Nabilla, pelancong asal Jakarta.

Fasilitas penunjangnya juga lengkap. Deretan penginapan tersedia di sepanjang pesisir pantai. Ada juga rumah-rumah warga yang difungsikan sebagai tempat bermalam para wisatawan.

BUATAN: Sebuah kolam renang tersedia di tepi pantai bisa menjadi tempat alternatif bagi pengunjung yang ingin bermain air. (DINDA JUWITA/JAWA POS)

Hingga saat ini, pantai pasir putih ini masih dikelola dengan baik untuk membantu meningkatkan pendapatan ekonomi daerah. Banyak rombongan wisatawan yang memilih pantai ini sebagai destinasi wisata. (dee/c17/ris)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #snorkeling #hingga #suasana #senjanya #jadi #pemikat #wisata #anyer

KOMENTAR