Dua Tablet Flagship Samsung Lolos Sertifikasi, Bawa Chipset Anyar?
Samsung Galaxy Tab S9 series, generasi sebelum Samsung Galaxy Tab S10. (dok Samsung)
14:40
19 Agustus 2024

Dua Tablet Flagship Samsung Lolos Sertifikasi, Bawa Chipset Anyar?

Samsung diyakini sedang menyiapkan tablet anyar dengan spesifikasi gahar. Dua tablet Samsung kelas premium baru-baru ini telah lolos sertifikasi resmi.

Ini semakin menguatkan bocoran dari leaker sebelumnya. Sebagai pengingat, leaker Ice Universe pernah mengungkap bahwa Samsung sedang mengembangkan tablet flagship.

Dua perangkat dengan nama komersial sebagai Galaxy Tab S10 Plus dan Galaxy S10 Ultra sekarang terlihat di situs sertifikasi 3C. Seperti namanya, itu merupakan generasi penerus Galaxy Tab S9 Plus serta model Ultra sebelumnya.

Dikutip dari MySmartPrice, Samsung Galaxy Tab S10 Plus membawa nomor model SM-X820 di 3C. Galaxy Tab S10 Ultra sendiri mempunyai nomor model SM-X926C.

Baca Juga: Samsung vs iPhone: Pertarungan Sengit Raja Smartphone!

Laman sertifikasi 3C (China) mengonfirmasi bahwa tablet flagship Samsung ini mendukung fast charging 45 W. Nomor model SM-X820 atau Samsung Galaxy Tab S10 Plus juga terlihat di situs sertifikasi BIS (India) pada kuartal ketiga 2024.

Samsung Galaxy Tab S10 series lolos sertifikasi resmi. (3C)Samsung Galaxy Tab S10 series lolos sertifikasi resmi. (3C)

Leaker Ice Universe membocorkan bahwa tablet premium Samsung bakal mengandalkan MediaTek Dimensity 9300 Plus. Itu merupakan chipset anyar bersistem fabrikasi 4 nm generasi ketiga TSMC yang meluncur pada 7 Mei 2024.

Chipset mengemas CPU octa-core berkonfigurasi satu core Cortex-X4 (3.4 GHz), tiga core Cortex-X4 (2.8 GHz), dan empat core Cortex-A720 (2.0 GHz). Dapur pacu ini terhitung kencang mengingat skor performa AnTuTu biasanya berkisar 2 juta hingga 2,3 juta poin.

Sebagai pengingat, Samsung Galaxy Tab S9 dan Galaxy Tab S8 masing-masing mengandalkan Snapdragon 8 Gen 2 serta Snapdragon 8 Gen 1.

Apabila bocoran benar, maka Samsung sepertinya sudah berbeda selera dan memilih MediaTek untuk tablet premium perusahaan. Dilihat dari siklus sebelumnya, tablet ini kemungkinan debut antara Agustus hingga Maret tahun depan.

Baca Juga: Dijual Rp 2 Jutaan, Samsung Galaxy A06 Padukan Chipset MediaTek dan Baterai Lega

Editor: Muhammad Yunus

Tag:  #tablet #flagship #samsung #lolos #sertifikasi #bawa #chipset #anyar

KOMENTAR