Nintendo Switch 2: Tanggal Rilis Mundur, Fokus pada Performa Game AAA
Logo Nintendo Switch. (YouTube/ Nintendo)
13:32
15 Agustus 2024

Nintendo Switch 2: Tanggal Rilis Mundur, Fokus pada Performa Game AAA

Popularitas Nintendo Switch yang begitu tinggi membuat konsol generasi penerus sangat dinantikan. Kabar terbaru mengklaim bahwa Nintendo Switch kemungkinan mengalami penundaan.

Berdasarkan laporan sebelumnya, petinggi perusahaan menyiratkan bahwa Nintendo Switch 2 diprediksi hadir pada kuartal pertama 2025. Namun, kabar Chris Dring dari Games Industry mengklaim bahwa tidak ada developer yang membicarakan perilisan Switch 2 pada tahun fiskal ini.

Menurut Chris Dring, tidak ada satupun developer yang membahas proyek game terkait Nintendo Switch 2 pada awal tahun depan. Ia menambahkan bahwa para developer malah diminta untuk menunggu peluncuran konsol genggam tersebut nanti.

Akan tetapi, sebagian besar developer game yang diwawancarai Chris berharap Nintendo akan merilis Switch 2 pada bulan April atau Mei 2025.

Baca Juga: Jokowi Mendadak Disamakan dengan Karakter 'Jahat' Game of Thrones Ini, Alasannya Bikin Sungkem

Dikutip dari Video Cardz, kabar tersebut membuat penggemar Nintendo Switch harus bersabar lebih lama. Pasalnya, rumor yang beredar pernah mengklaim bahwa perilisan mungkin ada pada Maret 2025.

Nintendo Switch 2 ( nintendo/metro.co.uk)Render Nintendo Switch 2 ( nintendo/metro.co.uk)

Salah satu alasan penundaan adalah Nintendo sepertinya mencoba mempersiapkan daftar judul AAA agar mempunyai performa lancar saat dimainkan di Switch 2. Sebelumnya, Presiden Nintendo Shuntaro Furukawa menyiratkan peluncuran Nintendo Switch 2 pada 2025 mendatang.

"Ini Furukawa, Presiden Nintendo. Kami akan mengumumkan penerus Nintendo Switch pada tahun fiskal ini. Sudah lebih dari sembilan tahun sejak kami mengumumkan keberadaan Nintendo Switch pada Maret 2015. Kami akan mengadakan Nintendo Direct pada Juni mengenai jajaran perangkat lunak Nintendo Switch untuk paruh kedua tahun 2024. Namun perlu diketahui bahwa tidak ada pembahasan tentang penerus Nintendo Switch selama presentasi itu," kata Shuntaro Furukawa melalui akun X resmi milik Nintendo.

Sebagai catatan, tahun fiskal Nintendo berakhir pada 31 Maret 2025. Ini berarti perusahaan diprediksi mengumumkan konsol berikutnya antara Juli 2024 hingga akhir Maret 2025.

Apabila bocoran benar, maka Nintendo Switch 2 bakal mundur dari timeline seharusnya. Sebagai pengingat, kabar Nintendo Switch generasi pertama sudah muncul pada Maret 2015. Namun perusahaan akhirnya merilis Nintendo Switch ke pasar komersial pada Maret 2017.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Game Buatan Indonesia di Steam yang Cocok untuk Nyantai

Artinya, ada jeda dua tahun antara pengumuman pertama dan peluncuran. Semoga saja, kita tidak akan melihat hal serupa terjadi pada Switch 2.

Berdasarkan bocoran melalui forum Nintendo Famiboards dan postingan dari akun X @Okami13_. Nintendo Switch 2 diprediksi memiliki RAM 12 GB dengan penyimpanan lega 256 GB (UFS 3.1).

Soal spesifikasi RAM, itu mencakup 2x modul LPDDR5X 6 GB dengan kecepatan transfer 7.500MT/s. Meski penyimpanannya lebih kecil dibanding konsol lain, ini merupakan peningkatan besar dibanding Switch generasi pertama.

Editor: Denada S Putri

Tag:  #nintendo #switch #tanggal #rilis #mundur #fokus #pada #performa #game

KOMENTAR