Wow! Nokia Lumia Siap Bangkit Lagi, Lewat Dua HP HMD Ini
HMD Skyline. (HMD)
22:08
13 Agustus 2024

Wow! Nokia Lumia Siap Bangkit Lagi, Lewat Dua HP HMD Ini

HMD Global mulai agresif merilis smartphone dengan merek terpisah dari Nokia. Meski mengembangkan merek mandiri, namun desain smartphone terbaru mengingatkan kita kepada Nokia Lumia.

Perlu diketahui, Lumia (pernah bernama Microsoft Lumia dan Nokia Lumia) pernah eksis pada 2011 hingga 2017. Usai paten dipegang oleh Microsoft Mobile, Lumia tak hadir lagi pada 2018 ke atas.

Sekian lama 'mati suri', Nokia Lumia bakal bangkit lagi melalui smartphone HMD. Perangkat tak mengandalkan Windows Mobile yang gagal, melainkan Android.

Perangkat yang sudah meluncur dengan desain mirip Nokia Lumia adalah HMD Skyline. Leaker @smashx_60 di X kini membocorkan bahwa perusahaan juga sedang menyiapkan smartphone lain yaitu HMD Hyper.

Baca Juga: Petinggi Huawei Terekam Gunakan HP Lipat Tiga, Galaxy Z Fold6 Kalah Canggih

Ini berarti Nokia Lumia siap bangkit melalui HMD Skyline dan HMD Hyper. Dikutip dari Gizmochina, HMD Hyper bakal mengandalkan Snapdragon 6 Gen 1 dengan RAM 8 GB.

Render HMD Hyper. (X @smashx_60)Render HMD Hyper. (X @smashx_60)

Fitur lainnya mencakup layar OLED Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, penyimpanan 256 GB, dan opsi ekspansi microSD. Terkait optik, HMD Hyper membawa sensor utama 50 MP (OIS) yang ditemani sensor 13 MP dan 8 MP.

Punch-hole pada bagian depan digunakan sebagai tempat kamera selfie 50 MP. Sebagai pengingat, HMD Skyline meluncur pada Juli 2024 dengan membawa layar OLED 6,5 inci. Fitur layarnya mendukung refresh rate 144 Hz dan resolusi Full HD Plus.

HMD Skyline mempunyai desain mirip Nokia Lumia. (HMD)HMD Skyline mempunyai desain mirip Nokia Lumia. (HMD)

HMD Skyline mengandalkan chipset Snapdragon 7s Gen 2 dengan RAM hingga 12 GB. Fitur lainnya mencakup penyimpanan 256 GB, tiga kamera belakang (108 MP + 13 MP + 50 MP), baterai 4.600 mAh, dan fast charging 33 W.

Harga HMD Skyline dibanderol mulai dari 499 dolar AS atau Rp7,9 juta. Mengingat HMD Hyper membawa spek lebih rendah, harga perangkat kemungkinan besar lebih murah dibanding HMD Skyline.

Baca Juga: Blade A55 Siap Meluncur, Harga ZTE Blade A54 Kini Cuma Rp 900 Ribuan

Editor: Budi Arista Romadhoni

Tag:  #nokia #lumia #siap #bangkit #lagi #lewat

KOMENTAR