Meriah! Transaksi Viding Melonjak, Pasar Pernikahan Digital Kian Bersinar
Viding, platform digitalisasi pernikahan [Suara.com/Viding]
20:08
9 Agustus 2024

Meriah! Transaksi Viding Melonjak, Pasar Pernikahan Digital Kian Bersinar

Viding (platform digitalisasi pernikahan) di Indonesia melaporkan peningkatan transaksi pada paruh pertama tahun 2024. Sebesar 120 persen secara year on year (yoy) dengan pengguna berbayar naik 118 persen.

Adapun pendapatan bruto dan nilai transaksi bruto bertumbuh masing-masing sebesar 83 persen.

“Pertumbuhan ini mencerminkan kepercayaan yang kuat dari pengguna dan kualitas layanan yang kami tawarkan. Dengan peningkatan yang luar biasa dalam berbagai aspek bisnis, Viding semakin mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin dalam industri pernikahan digital,” kata CEO Viding Alki Adi Joyo Diharjo dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat 9 Agustus 2024.

Berdasarkan segmen layanan, nilai transaksi bruto untuk undangan digital bertumbuh 147 persen, buku tamu digital meningkat 212 persen, dan layanan live streaming naik 19 persen.

Baca Juga: Siapa yang Menjadi Wali Nikah Jika Ayah Non Muslim?

Pertumbuhan ini dinilai menunjukkan bahwa Viding mampu memenuhi kebutuhan berbagai aspek dalam pernikahan digital, memberikan solusi yang komprehensif dan inovatif.

Untuk layanan buku tamu digital dan live streaming, Viding menjangkau kota Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Cirebon, Bandung, Yogyakarta, Solo, Kudus, Semarang, Malang, Surabaya, Sidoarjo, Jember, Bali, Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Lampung, Makassar dan beberapa kota besar lainnya.

"Dengan cakupan yang luas ini, kami mampu memberikan layanan yang personal dan mendetail di berbagai kota besar di Indonesia," ucapnya.

Saat ini, Viding disebut mengoperasikan bisnis di tanah air dengan cakupan penjualan undangan digital yang menjangkau negara lain, mulai dari Malaysia, Singapura, Jepang, dan Belanda.

Pihaknya berencana untuk terus mengembangkan dan memperluas bisnis di pasar dan pasar lainnya. Ekspansi ini dianggap penting untuk memastikan Viding dapat selalu memenuhi kebutuhan pelanggan di berbagai negara.

Baca Juga: Siapa Wali Nikah Anak Hasil Zina? Berikut Penjelasannya

“Viding saat ini baru menjangkau 0,2 persen dari nilai pasar (1.577.255 pernikahan di Indonesia pada tahun 2023). Jadi, potensi pertumbuhan ke depannya masih sangat besar," ujar Joyo.

Dalam upaya memperkuat bisnis, Viding dikatakan terus mengembangkan jaringan mitra B2B (business-to-business) dan keanggotaan asosiasi. Hingga kini, Viding sudah bermitra dengan lebih dari 400 vendor pernikahan dan menjadi anggota aktif di berbagai asosiasi.

"Kolaborasi dengan mitra dan asosiasi ini memungkinkan kami untuk terus berinovasi dan memberikan layanan terbaik bagi seluruh pengguna kami,” ungkap dia.

Editor: Muhammad Yunus

Tag:  #meriah #transaksi #viding #melonjak #pasar #pernikahan #digital #kian #bersinar

KOMENTAR