Tempat Tinggal Astronot di Masa Depan? Jaringan Gua Ditemukan di Bawah Permukaan Bulan
Ilustrasi goa di Bulan. [Dok UNILAD]
16:08
29 Juli 2024

Tempat Tinggal Astronot di Masa Depan? Jaringan Gua Ditemukan di Bawah Permukaan Bulan

Para ilmuwan baru saja menemukan jaringan gua yang sangat besar di Bulan. Gua-gua yang ditemukan di bawah permukaan Bulan dapat digunakan untuk koloni di masa depan.

Sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh Universitas Trento di Italia, menerbitkan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa gua-gua di bawah permukaan Bulan telah diidentifikasi dan itu bisa sangat berguna.

Faktanya, penemuan ini bisa menjadi sangat penting, karena sepertinya para astronot suatu hari nanti bisa menemukan perlindungan di gua-gua ini ketika melakukan perjalanan melalui ruang angkasa.

Dikutip dari Unilad, Gua dan terowongan telah menjadi teori para ilmuwan selama lebih dari setengah abad.

Baca Juga: Ingin Umrah Lebih Khusyuk? Ini Keuntungan Berangkat ke Tanah Suci di Bulan Muharram!

Sebuah terobosan kecil terjadi pada tahun 2009, ketika tim ahli mengidentifikasi lubang dalam di permukaan bulan, mendukung gagasan bahwa gua tersebut mungkin ada.

Dan mereka terbentuk sebagai hasil pendinginan lava di bawah permukaan.

Setelah membahas penemuan terbaru ini, para peneliti meninjau kembali apa yang telah mereka pelajari pada tahun 2010 dari Lunar Reconnaissance Orbiter milik NASA – sebuah pesawat ruang angkasa yang telah mengorbit Bulan sejak tahun 2009, memetakan permukaan dan mencari lokasi pendaratan potensial untuk peluang di masa depan.

Berbicara kepada Wired, Lorenzo Bruzzone, koordinator penelitian tersebut, mengatakan: “Kami menganalisis gambar-gambar ini dengan teknologi pemrosesan sinyal kompleks yang baru-baru ini dikembangkan di laboratorium kami, dan menemukan bahwa sebagian dari pantulan radar dari area Laut Ketenangan dapat dikaitkan dengan gambar-gambar tersebut. saluran bawah tanah."

Leonardo Carrer, penulis pertama makalah tersebut, menambahkan: “Penemuan ini memberikan bukti langsung pertama mengenai terowongan batu yang dapat diakses di bawah permukaan bulan.

Baca Juga: Jangan Lewatkan! Buck Moon Akan Hiasi Langit Malam Anda di Akhir Pekan Ini

“Kemungkinan besar itu adalah tabung lava yang sudah kosong.”

Seperti yang diketahui para ilmuwan sejak lama, Bulan bukanlah lingkungan yang paling aman bagi manusia.

Meteorit dan radiasi membuat benda langit menjadi tempat yang sangat tidak bersahabat.

Faktanya, radiasi kosmik dan matahari 150 kali lebih kuat dibandingkan yang kita alami di Bumi, dan sudah jelas bahwa ancaman meteorit tidak ada hentinya.

Oleh karena itu, kawasan perlindungan perlu ditemukan untuk melindungi para astronot, dan tampaknya penemuan ini bisa menjadi langkah pertama ke arah yang benar.

Gua-gua tersebut akan menjadi kunci untuk pembangunan infrastruktur jangka panjang di luar angkasa, dan para astronot mungkin mendapati bahwa gua-gua tersebut bisa menjadi rumah sementara yang bagus.

Namun, mereka tidak akan memenangkan penghargaan apa pun karena menjadi rumah paling praktis sepanjang masa, karena para ahli berpendapat bahwa astronot mungkin perlu turun ke dalam dan mungkin menggunakan jet pack untuk keluar, karena kedalamannya.

Editor: Budi Arista Romadhoni

Tag:  #tempat #tinggal #astronot #masa #depan #jaringan #ditemukan #bawah #permukaan #bulan

KOMENTAR