Mengenal Circle to Search, Fitur Baru Google Khusus Android yang akan Tersedia di Samsung Galaxy S24 Series
Fitur baru Google, Circle to Search di Samsung Galaxy S24 Series. (Mashable)
12:00
19 Januari 2024

Mengenal Circle to Search, Fitur Baru Google Khusus Android yang akan Tersedia di Samsung Galaxy S24 Series

Samsung baru saja mengungkapkan ponsel terbaru mereka, Samsung Galaxy S24 Series yang juga dijuluki sebagai ponsel AI dengan fitur-fitur AI terbaik saat ini.

Salah satu yang menjadi highlight dalam pengenalan Samsung Galaxy S24 Series, adalah adanya kolaborasi antara Samsung dengan Google. Dengan kolaborasi tersebut, Google membawa serta fitur khusus android terbaru yang disebut ‘Circle to Search’ ke Samsung Galaxy S24 Series.

Circle to Search adalah sebuah fitur berbasis AI yang menjadi salah satu andalan di Samsung Galaxy S24 Series.

Fitur Circle to Search mengizinkan pengguna untuk melingkari, memberi highlight, dan memfokuskan pada apapun dalam gambar, video, maupun teks, dan mencari informasi lebih lanjut tentang hal tersebut.

Dilansir JawaPos.com dari Mashable, informasi yang terkait dengan sesuatu yang dilingkari pengguna tersebut akan muncul di jendela yang sama, tanpa perlu berpindah aplikasi.

Misalnya ketika pengguna sedang menonton video seorang influencer di media sosial dan tertarik dengan barang yang mereka gunakan.

Pengguna hanya perlu melingkari barang tersebut dan informasi terkait akan muncul di bagian bawah video.

Lebih lanjut, fitur Circle to Search dapat juga digunakan untuk mengetahui informasi lebih lengkap, misalnya penjelasan mengapa suatu hal bisa trending saat itu.

Circle to Search sempat disebut sebagai sebuah upgrade dari Google Lens, yang merupakan aplikasi Google yang memungkinkan pengguna melakukan penelusuran dengan kamera ponsel.

Fitur Circle to Search akan dapat diaktifkan dengan menekan tombol beranda atau home sedikit lama, sampai bilah pencarian Google muncul di bagian bawah layar ponsel.

Tahun 2024 menjadi momen AI lebih bersinar dan diterapkan secara langsung pada fitur-fitur di ponsel dengan lebih fungsional.

Setelah tahun 2023 merupakan kebangkitan bagi chatbot AI, Google dan perusahaan lain semakin gencar untuk mencari cara menjadikan AI lebih berguna dan ramah konsumen.

Tidak hanya untuk Samsung Galaxy S24 Series, fitur Circle to Search juga akan tersedia di Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro.

Circle to Search akan diluncurkan pada 31 Januari dalam semua bahasa dan lokasi tempat perangkat-perangkat itu tersedia.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #mengenal #circle #search #fitur #baru #google #khusus #android #yang #akan #tersedia #samsung #galaxy #series

KOMENTAR