Ngebut! Chipset MediaTek Baru Kalahkan Performa Snapdragon 8s Gen 3
Ilustrasi chipset MediaTek Dimensity. (MediaTek)
13:48
23 Juli 2024

Ngebut! Chipset MediaTek Baru Kalahkan Performa Snapdragon 8s Gen 3

MediaTek sedang menyiapkan chipset dengan performa kencang di kelasnya. Tak tanggung-tanggung, chipset bernama Dimensity 8400 ini mempunyai performa yang mampu menyaingi dapur pacu Qualcomm kelas atas.

Menurut leaker populer Digital Chat Station (DCS), Dimensity 8400 akan menjadi prosesor non-flagship anyar. Dapur pacu tersebut dispekulasikan meluncur pada akhir 2024.

Berdasarkan bocoran yang beredar di Weibo, skor performa Dimensity 8400 tak kalah dari chipset premium. DCS mengklaim, skor AnTuTu Dimensity 8400 mencapai 1,7 juta hingga 1,8 juta poin.

Sebagai pembanding, Snapdragon 8s Gen 3 hanya mampu mencetak skor AnTuTu antara 1,4 juta hingga Rp 1,6 juta poin. Chipset kelas atas, Snapdragon 8 Gen 3, memiliki skor AnTuTu 2 juta poin.

Baca Juga: Redmi 14 Siap Meluncur dengan Chipset MediaTek Helio G81 yang Canggih

Apabila bocoran benar, Dimensity 8400 mempunyai skor performa yang lebih kencang dibanding Snapdragon 8s Gen 3. Hal yang 'menakjubkan' adalah chipset ini hanya berselisih sedikit di bawah Snapdragon 8 Gen 3.

Seperti yang diketahui, Snapdragon 8 Gen 3 merupakan chipset yang menjadi dapur pacu smartphone flagship dalam setahun terakhir. Dikutip dari NDTV, harga chipset Dimensity 8400 diklaim jauh lebih murah dibanding dapur pacu premium Qualcomm.

Menurut DCS, Dimensity 8400 bisa menjadi chipset yang tersemat pada HP midrange. Cukup menarik, leaker mengklaim bahwa perangkat tersebut bisa dibanderol mulai dari 1.500 yuan atau Rp 3,3 juta.

Jika bocoran ini benar, smartphone dengan Dimensity 8400 bakal menawarkan persaingan ketat melawan POCO F6. Sebagai informasi, POCO F6 memiliki chipset Snapdragon 8s Gen 3. Perlu dicatat bahwa kinerja CPU hanyalah salah satu dari sekian banyak metrik yang menentukan kinerja keseluruhan chipset.

Misalnya, pengoptimalan, efisiensi daya, dan penerapan inti efisiensi yang tepat untuk melindungi chip dari panas berlebih merupakan faktor-faktor penting. Apakah prosesor MediaTek akan berkinerja baik pada parameter-parameter ini atau tidak, baru dapat diketahui setelah chipset tersebut meluncur ke publik.

Baca Juga: Usung RAM LPDDR5X, Dimensity 9400 Diklaim Jadi Chip Tercepat?

Editor: Budi Arista Romadhoni

Tag:  #ngebut #chipset #mediatek #baru #kalahkan #performa #snapdragon

KOMENTAR