Elon Musk Ejek Microsoft Usai Pemadaman Global, Sebut ''Macrohard'' Lebih Baik?
CEO SpaceX dan Tesla, Elon Musk. [Jim Watson/AFP]
12:40
23 Juli 2024

Elon Musk Ejek Microsoft Usai Pemadaman Global, Sebut ''Macrohard'' Lebih Baik?

Pengusaha teknologi, Elon Musk mengolok-olok Microsoft karena pemadaman listrik besar-besaran yang menyebabkan kekacauan global.

Diketahui Microsoft sedang mengalami pemadaman listrik besar-besaran yang menyebabkan gangguan luas - dan hal itu membuat reaksi owner mobil listrik Tesla Elon Musk.

Pemadaman dilaporkan dimulai pada pukul 6 sore ET kemarin pada 18 Juli 2024 lalu. Hal itu menyebabkan Microoft tiba-tiba offline karena masalah yang terkait dengan workstation Windows.

Kekacauan itu terjadi mulai dari bank dan supermarket hingga maskapai penerbangan dan layanan kereta api dampak pemadaman listrik itu. Hal itu karena Crowdstrike mengeluarkan pembaruan perangkat lunak beberapa jam sebelumnya.

Baca Juga: Tidak Seperti Elon Musk, Mark Zuckerberg Ogah Mendukung Joe Biden dan Donald Trump?

Dalam sebuah pernyataan, CEO Crowdstrike, George Kurtz, meyakinkan pemadaman listrik tersebut 'bukan insiden keamanan atau serangan siber'.

“Crowdstrike secara aktif bekerja sama dengan pelanggan yang terkena dampak cacat yang ditemukan dalam pembaruan konten tunggal untuk host Windows,” katanya dikutip dari Unilad pada Selasa (23/7/2024).

"Host Mac dan Linux tidak terpengaruh [...] Masalah telah diidentifikasi, diisolasi, dan perbaikan telah diterapkan."

Crowdstrike telah merujuk pelanggan ke portal dukungannya untuk mendapatkan pembaruan terkini, dengan menambahkan: "[Kami] akan terus memberikan pembaruan yang lengkap dan berkelanjutan di situs web kami. Kami selanjutnya merekomendasikan organisasi untuk memastikan mereka berkomunikasi dengan perwakilan CrowdStrike melalui saluran resmi."

“Tim kami dikerahkan sepenuhnya untuk memastikan keamanan dan stabilitas pelanggan CrowdStrike.”

Baca Juga: Bukan Serangan Siber, Ini Biang Kerok 'Blue Screen' Massal di Windows

Sementara itu, Microsoft mengatakan pihaknya mengetahui masalah yang mempengaruhi perangkat Windows 'karena pembaruan dari platform perangkat lunak pihak ketiga'.

“Kami mengantisipasi resolusi akan segera terjadi,” katanya.

Sementara Crowdstrike menangani masalah ini, Musk telah terlibat dalam masalah ini setelah dia sebelumnya memanggil Microsoft pada tahun 2021.

Saat itu, Musk menulis di X: "Macrohard >> Microsoft."

Dia menindaklanjuti dengan pengakuan bahwa Microsoft Teams 'cukup bagus', tetapi setelah pemadaman baru-baru ini, Musk kembali ke kritik awalnya.

Pendiri Tesla pun mencari postingannya dari tahun 2021 dan me-retweetnya agar dapat ditampilkan kembali di timeline orang-orang, cukup menambahkan "..." sebagai indikasi bahwa komentarnya telah teruji oleh waktu.

Penggemar Musk sangat menyukai penggalian ini, dan postingannya telah mendapatkan lebih dari 164.000 suka pada saat artikel ini ditulis 19 Juli) itu.

Crowdstrike, yang menggambarkan dirinya sebagai 'pemimpin keamanan siber global', bekerja sama dengan beberapa perusahaan terbesar di dunia untuk membantu menghentikan pelanggaran atau peretasan internet.

Delta, United dan American Airlines termasuk di antara perusahaan-perusahaan yang terkena dampak pemadaman listrik, sehingga mendorong mereka untuk menghentikan semua penerbangan terlepas dari tujuannya, menurut Administrasi Penerbangan Federal (FAA).

Setidaknya 600 penerbangan telah dibatalkan akibat pemadaman listrik tersebut.

Editor: Budi Arista Romadhoni

Tag:  #elon #musk #ejek #microsoft #usai #pemadaman #global #sebut #macrohard #lebih #baik

KOMENTAR